Pembangunan 15 Apartemen Rakyat Mulai Diwujudkan

Oleh: JB-01

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Gagasan Pemkot Bandung untuk membangun tempat tinggal bagi masyarakat berpenghasilan rendah mulai diwujudkan.

Hari ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melakukan peletakan batu pertama pembangunan apartemen rakyat di kawasan Rancacili, Jalan Babakan Jeruk, Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari.

Pembangunan apartemen rakyat Rancacili tersebut merupakan satu dari 15 apartemen rakyat lainnya yang akan dibangun Pemkot Bandung untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal warganya.

Apartemen rakyat Rancacili ini pembangunannya dibiayai pemerintah pusat dengan dana sekitar Rp20 miliar. Apartemen ini akan memiliki lima lantai dengan jumlah hunian 107 unit dan ditargetkan selesai sembilan bulan ke depan.

‪”Yang istimewa desain dari bangunannya berbentuk bulat , tidak kotak seperti bangunan biasa. Ini sekedar untuk menunjukan inovasi itu tidak harus biasa-biasa,” ungkap Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, di sela-sela peletakan batu pertama.

‪Untuk diketahui, di lokasi yang sama, telah berdiri tiga rumah susun. Ketiga rumah susun tersebut telah selesai dibangun sejak 2013 lalu dengan hunian sebanyak 270 unit. 75 unit di antaranya sudah diisi warga.

Apartemen rakyat Rancacili tersebut rencananya juga akan digunakan sebagai tempat relokasi 154 kepala keluarga yang terdampak revitalisasi kawasan Kiaracondong.

“Nanti sesudah lebaran, mereka warga Kiaracondong pindah ke sini. Tadi juga datang perwakilan warganya,” ujar Emil.

Emil menambahkan, pendaftaran hak hunian di apartemen rakyat akan dilakukan secara ketat. Bahkan, dia menyatakan akan mengawasi langsung proses seleksi para calon penghuni supaya tepat sasaran.

Anggota Komisi B DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan menyambut baik upaya percepatan pembangunan apartemen rakyat oleh Pemkot Bandung.

“Saya dukung sekali, tapi harus benar-benar diperhatikan proses seleksi buat penghuninya,” singkat Tedy.

Share This

Leave a Reply