Pelihara Taman, Pemkot Bandung Alokasikan Anggaran Hingga Rp5 Miliar

Oleh: Ridwan Farid

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Pemkot Bandung mengalokasikan anggaran hingga Rp5 miliar untuk pemeliharaan taman. Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan, dari total anggaran yang diterima Diskamtam Kota Bandung sebesar Rp113 miliar, sebesar Rp5 miliar di antaranya digunakan untuk pemeliharaan taman.

Menurut Arif, dengan bertambahnya jumlah taman di Kota Bandung saat ini, otomatis anggaran pemeliharaannya pun lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Karena tamannya bertambah, anggaran untuk pemeliharaannya pun otomatis bertambah. Anggaran pemeliharaan pun biasanya lebih mahal daripada biaya pembangunan,” ujar Arief kepada Jurnal Bandung, Senin (16/3).

Arief menjelaskan, anggaran pemeliharaan sebesar Rp5 miliar tersebut akan digunakan untuk biaya kebersihan, perbaikan kerusakan tanaman, dan merawat fasilitas taman seperti lampu, tempat duduk, toilet, dan tempat sampah.‬

‪”Biasanya dalam satu tahun itu banyak fasilitas yang rusak. Biasanya, banyak juga tanaman yang rusak dan mati karena terinjak atau membusuk, itu kita perbaiki juga,” kata Arief.

Arif melanjutkan, sebagian besar anggaran pemeliharaan tersebut akan digunakan untuk mengganti fasilitas taman yang rusak dan tanaman yang mati.

Kepala Bidang Pertamanan Diskamtam Dadang Dharmawan menambahkan, selain mengalokasikan anggaran pemeliharaan sebesar Rp5 miliar, pihaknya pun mengalokasikan anggaran Rp10 miliar untuk membangun taman baru.

“Untuk dana pembangunan ini, termasuk untuk membangun taman tematik baru dan 52 taman skala RW,” tandasnya.‬

Share This

Leave a Reply