PDAM Kaji Potensi Air Baku di Kawasan Bandung Teknopolis

Oleh: JB-01

bandung teknopolis
Foto net

Jurnal Bandung – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung menggandeng konsultan untuk mengkaji potensi air baku di kawasan Gedebage, tempat dimana Bandung Teknopolis akan dibangun.

Berdasarkan penilaian sementara, kawasan timur Kota Bandung itu memiliki potensi air dangkal yang cukup besar. Kondisi tersebut dinilai sangat potensial sebagai sumber air baku untuk memenuhi kebutuhan air bersih di kawasan tersebut.

“Menggali beberapa meter aja sudah keluar air,” ungkap Direktur Utama PDAM Kota Bandung Pian Sopian kepada Jurnal Bandung di Balai Kota Bandung, Minggu (8/3).

Pian pun mengaku sudah mendapat instruksi dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk melakukan kajian terkait potensi air yang terdapat di kawasan tersebut. Menurut Pian, dengan potensi air dangkal yang cukup besar, salah satu rencana untuk memanfaatkannya adalah membangun danau raksaksa.

“Nah bagaimana potensi air tanah yang dangkal itu ditampung. Kita buat satu cekungan atau danau, airnya juga dari air tanah itu, kita manfaatkan. Ini bisa jadi potensi untuk sumber air baku (PDAM),” katanya.‬

‪Pian juga mengatakan, keberadaan Bandung Teknopolis tentu membutuhkan pasokan air bersih. Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha keras menyediakan pasokan air bersih tanpa harus mengandalkan sumber air baku dari daerah lain.

Rencananya, di kawasan tersebut, pihaknya juga akan membangun water treatment baru seperti halnya instalasi pengolahan air baku di Jalan Badak Singa yang selama ini memasok air bersih bagi warga Kota Bandung. Namun, karena masih dalam tahap kajian, Pian belum bisa menjelaskan secara rinci terkait rencana pembangunan water treatment tersebut.

“Kami sudah meng-hier konsultan, kini sedang dalam proses tender. Pak Wali menugaskan kami karena memang ada kepentingan kami di sana (Bandung Teknopolis),” pungkasnya.‬

‪Seperti diketahui, Bandung Teknopolis akan dibangun di lahan seluas sekitar 800 hektar (ha) di kawasan Gedebage, Kota Bandung.

Rencananya, Pemkot Bandung akan me-launching Bandung Teknopolis April mendatang sebagai bentuk perwujudan mimpi besar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang ingin menjadikan kawasan Gedebage sebagai pusat pengembangan teknologi atau dikenal juga dengan istilah Silicon Valey.

Leave a Reply