Pasca Tol Cipali Dibuka, Sektor Pariwisata di Kuningan Menggeliat

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Kabupaten Kuningan menerima berkah pasca dibukanya tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Betapa tidak, akses tol itu kini memberikan kemudahan bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke kabupaten berhawa sejuk itu.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, pertumbuhan ekonomi, khususnya dari sektor pariwisata di Kuningan terus meningkat.

Bahkan, Deddy yakin, pertumbuhan ekonomi Kuningan akan semakin meningkat seiring akan dibukanya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

“Adanya Tol Cipali kemudian nanti dibuka BIJB Kertajati, maka Kuningan akan kena imbas positif. Kabupaten Kuningan ini alamnya masih terjaga dibanding kawasan sekitarnya seperti Cirebon, Indramayu, dan Majalengka,” ungkap Deddy kepada Jurnal Bandung saat berkunjung ke Kuningan, belum lama ini.

Deddy mengungkapkan, pasca dibukanya tol Cipali, banyak wisatawan yang sengaja datang ke Cirebon, namun mereka menginap di Kuningan. Pasalnya, dibandingkan Indramayu dan Cirebon, Kuningan hawanya lebih sejuk.

“Jadi ada keterkaitan antarkabupaten dimana Cirebon untuk berbelanja dan di Kuningan mereka menginapnya karena udaranya memang dingin,” katanya.

Deddy pun mendukung penuh upaya Pemkab Kuningan membenahi sejumlah objek wisata lewat berbagai inovasinya guna menarik wisatawan.

“Seperti ada yang menawarkan wisata alam di satu desa dan disediakan home stay-home stay di rumah-rumah warga. Ini justru unik karena wisatawan bisa merasakan kehidupan di desa,” ujarnya.

Inovasi seperti itu, kata Deddy, selain bisa membangun potensi desa, juga memberdayakan masyarakat desa. Sehingga, perekonomian masyarakat desa pun otomatis terangkat.

“Ini bisa menjadi tambahan penghasilan bagi warga desanya secara tidak langsung,” tandas Deddy.

Leave a Reply