Pasca Penggenangan Waduk Jatigede, Bagaimana Nasib 28 Kepala Desa?

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Pasca penggenangan Waduk Jatigede, sebanyak 28 desa terkena dampaknya. Warga di ke-28 desa itu pun akan mendapatkan dana ganti rugi. Lalu, bagaimana nasib para kepala desanya?

Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Sumedang tampaknya sudah memikirkan hal tersebut. Terbukti, Pemprov Jabar dan Pemkab Sumedang pun telah membahas persoalan itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan, pihaknya siap mendorong apa yang menjadi kesepakatan bersama. Iwa juga mengatakan, sebenarnya sudah ada solusi terkait nasib ke-28 kepala desa tersebut.

“Untuk 28 kepala desa, sudah ada solusi dari bupati, termasuk kompensasi dana untuk kepala desa. Apa dijadikan perangkat desa atau lainnya. Itu sudah jadi kewenangan bupati dan provinsi akan memback up,” ungkap Iwa kepada Jurnal Bandung, Rabu (2/9).

Saat disinggung masalah pemekaran desa di Kabupaten Sumedang, Iwa mengaku belum memikirkan hal itu. Sebab, kata Iwa, Pemprov Jabar kini masih fokus dalam proses pembayaran ganti rugi dan penggenangan.

“Kalaupun ada pemekaran, itu tergantung bupati. Tapi sekarang kita belum berpikir pemekaran,” katanya.

Lebih lanjut Iwa mengatakan, untuk pembayaran ganti rugi, saat ini dihentikan dulu. Pihaknya akan melakukan validasi dan verifikasi data terlebih dahulu, khususnya terkait data warga yang komplain.

“Kami sudah cut off pada 31 Agustus lalu. Yang komplen akan diverifikasi lebih lanjut oleh tim melalui biro hukum dibantu BPKP dan Bagian Hukum Pemkab Sumedang. Setelah diverifikasi, 1 Oktober mendatang baru akan diselesaikan kembali. Yang datanya lengkap itu sudah jelas karena uangnya pun ada,” jelasnya.

Menurutnya, validasi dan verifikasi sangat penting mengingat penyaluran dana ganti rugi harus tepat sasaran.

“Yang komplain itu harus jelas, ahli warisnya harus jelas. Jangan sampai salah alamat untuk validasi datanya. Nanti akan dibayarkan 1 oktober. Jadi proses jalan terus,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply