Pasca Alih Kelola SMA, Siswa Dari Luar Kota Bandung Tidak Dibatasi

Oleh : Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Tata cara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bandung tahun 2016 yang telah disahkan melalui Peraturan Wali Kota (Perwal), sekarang sudah tidak berlaku lagi pasca alih kelola oleh provinsi Jawa Barat. Saat ini untuk SMA/SMK/Aliyah sudah alih kelola dari pemerintah Kota/kabupaten kepada provinsi.

Dengan begitu secara otomatis, tatacara penerimaan siswa untuk SMA sederajat sudah menjadi kewenangan provinsi Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menegaskan, saat ini untuk penerimaan siswa baru SMA sederajat untuk di kota Bandung tidak akan mengacu pada Peraturan Wali Kota 2016 tentang PPDB.

“Sekarang akan dikembalikan lagi seperti biasa, ukurannya bukan kota atau kabupaten lagi,” kata Ahmad Heryawan di Bandung, Kamis (13/4).

Menurut pria yang akrab disapa Aher ini, saat ini siswa dari luar kota Bandung bisa sekolah di Kota Bandung, tidak ada lagi aturan rayonisasi.

“Sekarang gak begitu, bukan ukurannya. bebas kemana saja. perpindahan akan longgar. dulu siswa dari luar kota Bandung dibatasi hanya 10 persen, sekarang sudah di provinsi lagi tidak mungkin seperti itu,” katanya.

Sebelum alih kelola, warga diluar kota Bandung sangat sulit jika ingin sekolah di kota Bandung, pasalnya untuk sekolah di Bandung dibatasi maksimal hanya 10 persen dari jumlah siswa. Pembatasan siswa diluar kota Bandung ini tercantum dalam tata cara PPDB SMP/SMA Kota Bandung tahun 2016.

Share This

Leave a Reply