Pasar Loak Bengawan, Tempatnya Furniture Kayu Berkualitas dan Bernilai Seni

Oleh: Ridwan Alamsyah

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Anda berencana mendekor ulang tampilan interior atau ingin menempatkan furniture unik bergaya retro di rumah Anda, namun dengan budget terbatas? Pasar Loak Bengawan sepertinya bisa jadi salah satu pilihan untuk dikunjungi demi mewujudkan keinginan Anda itu.

Di tempat ini, berbagai jenis furniture kayu bisa anda peroleh, tentunya dengan kondisi bekas atau seken. Namun jangan khawatir, meskipun bekas, kualitas furniture seken di Pasar Loak Bengawan tetap terjamin.

Bahkan, jika beruntung, Anda pun bisa mendapatkan furniture kayu bernilai seni tinggi. Dan, hanya dengan sentuhan kecil seperti menghaluskannya dengan ampelas dan sedikit mengecat ulang, furniture kayu tersebut akan kembali seperti baru.

Terlebih, furniture kayu yang dijual di Pasar Loak Bengawan umumnya sudah berumur. Tentunya dengan bahan kayu yang tidak diragukan lagi kualitasnya, yang akan memberi suasana mewah ruangan rumah Anda.

“Seiring dengan tingginya harga kayu berkualitas atau biasa disebut dengan kayu merah, sekarang banyak beredar furniture dari kayu putih atau kayu dengan kualitas biasa untuk menekan harga,” ungkap Inggis, 38, pedagang furniture kayu bekas kepada Jurnal Bandung, di Pasar Loak Jalan Bengawan, Kota Bandung, Kamis (28/5).

Inggis melanjatkan, zaman dulu, furniture kayu umumnya dibuat dari bahan kayu berkualitas seperti kayu jati, trembesi, dan kamper yang membuat usia furniture lebih awet. Kalaupun rusak, kata Inggis, dapat diperbaiki dengan mudah.

“Kami tidak pernah menjual lama-lama furniture seken di sini. Kami juga tidak merekondisi, yang penting cepat terjual,” ungkapnya sambil menunjukan sebuah kotak berukir berbahan kayu jati seharga Rp300 ribu dan meja kayu trembesi besar seharga Rp2.000.000.

Pasar loak hingga kini memang tetap diburu banyak orang. Dibandingkan toko, orang menilai banyak barang-barang unik yang bisa diburu di pasar loak. Selain itu, harga barang-barang di pasar loak tentunya jauh lebih miring dibandingkan harga barang baru yang dijual di toko-toko.

Selain Pasar Loak Bengawan, di Kota Bandung, furniture seken juga bisa diperoleh di daerah Cikuda Pateuh. Meskipun, furniture yang dijual di daerah itu kebanyakan berupa peralatan kantor seken. Bagaimanapun, pasar loak memang tempat yang asyik untuk berburu barang-barang unik dan antik.

Share This

Leave a Reply