Panwas Siap Gelar Pilkada Langsung 2015

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto ilustrasi (net)
foto net

Jurnal Bandung –  Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat Harminus Koto mengaku siap melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung yang akan digelar serentak tahun ini.

Pasalnya, anggaran pengawasan pilkada kini sudah disiapkan untuk gelaran pilkada di lima kabupaten di Jabar.

“Lima kabupaten di Jawa Barat yang akan menggelar pilkada langsung di 2015 ini sudah menyiapkan anggaran pengawasan pilkada. Tak hanya itu, persiapan lain di luar anggaran pun sudah siap,” katanya kepada Jurnal Bandung saat ditemui di Bandung, Rabu (7/1).

Meskipun, lanjut Harminus, pihaknya kini masih menunggu peraturan teknis terkait pelaksanaan pilkada di lima kabupaten/kota ini.

“Kalau anggaran pengawasan di lima kabupaten ini sudah ada. Ini adalah hasil koordinasi kami dengan lima daerah,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, besaran anggaran untuk pelaksanaan pilkada langsung di lima daerah ini berbeda-beda, disesuaikan dengan daerahnya masing-masing.

“Selain itu, ada barometernya yang disesuaikan dengan jumlah TPS (tempat pemungutan suara), jumlah kecamatan, dan lain-lain. Jadi tidak bisa disamaratakan,” jelasnya.

Dia pun mengaku, persiapan demi persiapan sudah dilakukan. Terbukti, Bawaslu Jabar sudah menggelar seminar-seminar pengawasan partisipatif seperti yang digelar pada pekan lalu di Gedung Sate Bandung.

“Jadi seluruh lapisan masyarakat terlibat langsung dalam pengawasan pemilihan di lima kabupaten baik secara vertikal maupun horizontal,” imbuhnya.

Dia berharap, dengan adanya tingkat partisipasi yang tinggi dari masyarakat, pihaknya akan semakin berani melaporkan berbagai pelanggaran yang terjadi.

Share This

Leave a Reply