Pansus Pertama DPRD Jabar Terbentuk

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Irianto MS Syafiuddin Alias Yance
Irianto MS Syafiuddin Alias Yance

Jurnal Bandung – Untuk pertama kalinya DPRD Jawa Barat periode 2014-2019 membentuk panitia khusus. Pembentukan pansus ini dilakukan melalui rapat paripurna yang dihadiri 59 anggota dewan, di Gedung DPRD Jabar, Bandung, Jumat (19/9).

Panitia khusus pertama ini diketuai oleh Agus Welyanto dari Fraksi PDIP. Wakil Ketua Sementara DPRD Jabar Irianto MS. Syafiuddin mengatakan, penyusunan tata tertib sangat penting karena menjadi acuan dalam membentuk alat kelengkapan dewan.

“Sekarang kan belum ada ketentuannya, jadi harus disusun tatib,” kata pria yang akrab disapa Yance usai memimpin paripurna. Menurut Yance, tatib inipun menjadi dasar dalam setiap kegiatan dewan.

“Untuk membatasi, agar semua berpedoman pada tatib ini,” ucapnya seraya menyebut penyusunan tatib ini akan diparipurnakan pada 29 September mendatang. Ketua Sementara DPRD Jawa Barat Gatot Tjahyono menjelaskan, pansus tata tertib merupakan pansus besar karena beranggotakan lebih dari 30 orang.

Nantinya, kata Gatot, pansus tersebut bertugas menyusun tata tertib dewan yang menjadi salah satu acuan dalam membentuk alat kelengkapan dewan. Gatot pun meminta, anggota dewan yang baru dilantik ini memiliki semangat yang tinggi dalam mengawasi jalannya pemerintahan Jabar.

Gatot berharap, angka kehadiran anggota DPRD Jabar periode 2014-2019 bisa lebih baik dibanding periode-periode sebelumnya. “Soal kehadiran akan jadi lebih penting,” katanya.

Share This

Leave a Reply