Pameran Kesthuri, Ajang Pilih Lembaga Haji Kredibel

Oleh: Yuga Khalifatusalam
haji
Jurnal Bandung – Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (Kesthuri) menggelar Umrah dan Hajj Travel Fair (UHTF) di Trans Studio Mal Bandung.

Acara yang ditujukan untuk mempromosikan lembaga haji dan umrah yang kredibel ini digelar mulai Selasa (9/12) kemarin hingga 14 Desember mendatang.

Wakil Ketua Umum Kesthuri Arif Ramdhani mengatakan, acaranya ini diikuti 24 travel haji dan umroh, serta dua maskapai penerbangan dan tiga lembaga perbankan. Acara ini baru pertama kali digelar di Bandung.

Sebelum di ibu kota Jawa Barat ini, acara tersebut digelar di Makasar, belum lama ini. Arif mengatakan, di UHTF ini pun masyarakat yang berminat bisa langsung mendaftarkan diri.

“Para calon jamaah haji dan umrah juga bisa langsung mendaftar di sini”, ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Penyuluhan Haji dan Umroh Kementerian Agama Wilayah Jabar Ajam Mustajam mengatakan, pengawasan biro haji dan umroh di Jabar kini semakin diperketat.

Hal ini penting untuk menghindarkan warga dari praktik penipuan maupun percaloan.

“Masyarakat harus hati-hati, apalagi¬† kepada pihak yang menawarkan paket harga umrah dan harga murah.

Lebih lanjut dia mengatakan, di Jabar ada sekitar 600 lembaga travel dan umroh. Pada tahun ini, data calon pendaftar haji di Jabar sebanyak 383.964 orang.

Akibat tingginya antusiasme warga, daftar tunggu haji reguler pun berlangsung lama, yakni 13 tahun. Sedangkan untuk haji khusus, kata dia, daftar tunggunya mencapai lima tahun.

Salah satu pengunjung, Desi (21) mengatakan, UHTF ini sangat membantu dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait lembaga haji dan umrah yang kredibel. Terlebih, saat ini tidak sedikit warga yang tertipu oleh lembaga haji dan travel yang tidak kredibel.

“Saya sengaja datang ke acara ini karena ingin mendapatkan informasi berangkat umroh. Sangat membantu, keterbukaan tentang harga, selain itu juga banyak pilihan,” pungkasnya.

Leave a Reply