Paguyuban Pasundan Lantik Pengurus Cabang di Brebes

Oleh Redaksi

Foto Redaksi
Foto Redaksi

BANDUNG – Ketua Bidang Organisasi Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof Dr Ali Anwar MSi dan Ketua Departemen Organisasi Drs Kunkunrat MSi mewakili Ketua Umum Paguyuban Pasundan melantik dan membacakan Surat Keputusan (SK) Pengurus Cabang Paguyuban Pasundan Kabupaten Brebes dan pengurus anak cabang di tiga kecamatan, (Sabtu 16/1).

Dalam kesempatan itu, Kunkunrat menyatakan, pelantikan Pengurus Cabang Paguyuban Pasundan Kabupaten Brebes dan Pengurus Anak Cabangnya, yaitu Kecamatan Ketanggungan, Kecamatan Bantar Kawung, dan Kecamatan Salem ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi masyarakat yang berada di wilayah tersebut.

“Tiga kecamatan ini dihuni penduduk yang secara administratif berada di Jawa Tengah, namun secara turun temurun berbudaya Sunda, yaitu berbahasa keseharian Sunda, seni budaya Sunda, dan tatacara adat istiadat Sunda,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnal Bandung, Selasa (19/1).

Lebih lanjut Kunkunrat mengatakan,ketiga kecamatan tersebut ingin tetap mempertahankan nilai budaya leluhurnya lestari secara turun temurun.

Hal itu menjadi hal unik karena di tengah terjadinya fenomena berkurangnya orang Sunda menggunakan bahasanya sendiri, fenomena sebaliknya malah terjadi di provinsi lain.

“Ini harus bisa diambil hikmahnya, bahwa melestarikan budaya luhur warisan nenek moyang tidak terbatas oleh ruang dan waktu, sebagai contoh warga Suriname keturunan suku Jawa, mereka masih melestarikan budaya Jawa walau sekarang menjadi warga Suriname,” pungkasnya.

Leave a Reply