Ormas-LSM Sepakat Jaga Kondusivitas di Jabar

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnalbandung.com – Perwakilan Ormas dan LSM di Jabar berbondong-bondong menemui Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Setelah sebelumnya beberapa ormas menemuinya, kali ini Aher, sapaan akrab Gubernur Jabar juga didatangi perwakilan dari Pemuda Pancasila, KNPI, KAMMI, PWPM, Gema Keadilan, dan sejumlah ormas lainnya.

Mereka semuanya disambut baik oleh orang nomor satu di Jabar itu di Gedung Sate, Jumat (20/1) siang.

“Kedatangan ini untuk menegaskan komitmen bersama agar Jabar aman, akur, dan damai. Mereka semua sepakat menjaga Jabar jangan ada gangguan apapun dalam hal yang berkaitan dengan situasi keamanan masyarakat,” tutur Aher.

Menurut Aher, kondisi keamanan di Jabar sangat berpengaruh besar terhadap kondisi nasional. Pasalnya, 20% penduduk di Indonesia ada di provinsi ini.

Sebagai daerah yang punya sejarah kental akan sikap toleransi tinggi, Aher ingin Jabar bisa tetap kondusif.

“Kita harus jadi pelopor di nasional. Makanya ingin suarakan kondusif Indonesia, harus dari Jabar kondusif, seluruh ormas sepakat. Mari kita tuangkan dalam bentuk perilaku untuk saling cintai satu sama lain. Silih asah, asih, asuh wawangi,” katanya.

Perwakilan PWPM Iyus Rusdiana menyatakan, kedatangannya ke Gedung Sate bukan untuk menyatakan memihak pada salah satu kubu yang kini berseteru.

Namun, kehadirannya bersama perwakilan elemen masyarakat lainnya demi mewujudkan Jabar yang akur.

“Bahwa kami datang ke sini ingin Jabar kondusif. Kami mohon gubernur bisa bersama-sama mengoordinasikan bagaimana situasi kondusif. Sehingga, potensi konflik bisa diminimalisasi. Kami semua harus menahan diri dan tidak ikut memprovokasi dan terprovokasi. Ini komitmen luar biasa, harus hadir di sini,” papar Iyus.

Perwakilan Pemuda Pancasila juga sepakat bahwa kondusivitas di Jabar harus dijaga bersama-sama. Dia berharap, Jabar yang dikenal akan kondusivitasnya tidak diobok-obok segelintir pihak yang hendak merusaknya.

“Masalah hukum diserahkan kepolisian. Jangan sampai permasalahan di nasional dibawa ke daerah. Siapapun yang ngobok-ngobok kita hadapi. Kita ingin Jabar damai,” kata perwakilan Pemuda Pancasila TB Irfansyah.

Share This

Leave a Reply