ORI Nobatkan Deddy Mizwar Sebagai Bapak Komunitas Seni Budaya Jabar di Riau Street Festival

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Original Rekor Indonesia (ORI) menobatkan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai Bapak Komunitas Seni dan Budaya di Provinsi Jawa Barat.

Ketua yayasan Prestasi Anak Bangsa ORI Agung Elvianto mengatakan, ORI memberikan sertifikat untuk Deddy Mizwar yang juga dikenal sebagai Jenderal Naga Bonar itu, atas dedikasinya mendukung berbagai kegiatan komunitas seni dan budaya di Jabar.

Secara simbolis, Deddy pun mendapatkan apresiasi berupa sebuah topi ORI yang dibuat khusus untuknya. Penobatan tersebut dilakukan di Festival Jalan Riau atau Riau Street Festival bertema “Food, Fashion, Unique, Natural” yang diselenggarakan Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar , Minggu (18/12).

Disinggung kegiatan Riau Street Festival, Deddy Mizwar menuturkan, Jabar kaya akan produk seni dan budaya yang selama ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. Hal ini terbukti dengan berdatangannya masyarakat dari berbagai usia, kalangan, dan daerah di Indonesia ke Jabar untuk menikmati kuliner, fashion, dan seni budaya khas Jabar.

Oleh karena itu, sambung Deddy, kegiatan Riau Street Festival yang mengajak masyarakat cinta dan bangga atas kekayaan tradisi Jabar tersebut bisa menjadi agenda rutin.

Deddy pun berharap, festival yang digelar di Jalan Riau dan diikuti sekitar 89 komunitas penggiat tradisi, seni budaya Sunda, serta puluhan stand kuliner khas Jabar ini, dapat juga menumbuhkan ketertarikan wisatawan lokal maupun internasional berkunjung ke Jabar.

“Setiap akhir pekan Bandung macet, mohon maaf setiap akhir pekan Bandung padat karena banyak (wisatawan) yang ingin mencicipi kuliner dan memburu produk fashion kita,” katanya.

Senada dengan Deddy, Kepala Disparbud Jabar Ida Hernida mengatakan, melalui kegiatan festival ini, pihaknya ingin mengenalkan seni tradisi dan kuliner Jabar, sehingga tumbuh kecintaan dan kebanggaan masyarakat terhadap seni dan tradisi Jabar.

Ida menambahkan, kegiatan festival ini akan dimasukkan ke dalam catatan rekor Indonesia oleh ORI yang menggandeng lembaga rekor RHR agar tercatat juga di rekor dunia.

Selain pencatatan rekor memasak kuliner khas Jabar dan penampilan atraksi seni budaya, Disparbud Jabar juga memberikan apresiasi kepada penyanyi pop Sunda Nining Meida yang telah melahirkan 100 album.

Share This

Leave a Reply