Optimis, Lobi Mendag Enggar Jadikan Indonesia Eksportir Buah-buahan Terbesar

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Usaha pemerintah melalui Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan ekspor buah-buahan ke Tiongkok dinilai baik. Bagaimana tidak, produk buah-buahan adalah salah satu produk unggulan Indonesia. Sehingga jika memang pemerintah mampu meningkatkan ekspor tersebut, Indonesia bisa bersaing dengan Vietnam dan Thailand.
Hal tersebut diungkapkan oleh Ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal. Menurut dia, lobi-lobi yang telah dilakukan oleh Mendag Enggar, diharapkan membuahkan hasil. Pasalnya selain buah-buahan produk unggulan Indonesia masih banyak. sehingga lanjut dia, kedepan bukan hanya buah-buahan saja tapi juga semua produk pertanian dan perkebunan, bahkan tembakau dan tekstil.
“Memang Indonesia unggul terutama di produk makanan minuman, tembakau, tekstil, dan juga produk-produk pertanian dan perkebunan, dan tentunya ini menjadi komoditas unggulan kita. Jadi cukup positif kalau kita kemudian bisa menegosiasikan ekspor kita ke sana,” katanya, Kamis (25/7).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan serangkaian langkah lobi ke China. Langkah ini diambil untuk mendongkrak ekspor ke salah satu ekonomi terbesar di dunia tersebut. Komoditas yang diharapkan menjadi pendongkrak neraca perdagangan Indonesia adalah CPO, buah-buahan dan sarang walet.
Menteri Enggar mengharapkan dari lobi yang dilakukan, Indonesia bisa meraih setidaknya US$1 miliar per tahunnya dari ekspor sarang burung walet. Yang diprioritaskan oleh Menteri Enggar adalah komoditas yang tidak diproduksi Tiongkok.

Share This

Leave a Reply