Ingin Bangun Percontohan Wisata Pantai, Aher Tunda Perbaikan Jalan dan Pemasangan PJU di Ranca Buaya

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Keindahan pantai Ranca Buaya tidak kalah dengan keindahan pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia. Kondisi pantai Ranca buaya bisa dikatakan masih perawan. Selain pantai, di Ranca Buaya terdapat juga Goa Lalay.

Pantai ini kini memang belum dilengkapi fasilitas pendukung seperti belum ada penginapan, rumah makan, akses jalan yang bagus, dan penerangan jalan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan, keunikan dan keindahan pantai Ranca Buaya di Kabupaten Garut ini sebenarnya hanya tinggal dipoles saja agar menjadi destinasi wisata unggulan di kawasan Jabar Selatan.

Pria yang akrab disapa Aher ini mengakui, akses jalan menuju pantai Ranca Buaya dan Goa Lalay masih sangat jelek dan tidak ada penerangan jalan umum (PJU). Menurut Aher memang sengaja perbaikan jalan dan PJU belum dilakukan karena dikhawatirkan tempat itu menjadi kumuh.

“Nanti kalau jalannya sudah enak udah terang, takut jadi kumuh. Muncul kios-kios. Apalagi udah ada listrik. Oleh karena itu, kita tidak mau pasang listrik dulu sebelum pihak pemprov melalui Disparbud membuat master plan untuk membuat pantai Ranca Buaya dan Goa Lalay menjadi sebuah Destinasi wisata,” jelasnya kepada Jurnal Bandung di sela-sela kunjungan kerjanya ke Jabar Selatan, Minggu (3/1).

Aher mengatakan, pihaknya akan melibatkan ahli dalam bidang wisata yang akan dimintai pendapatnya tentang pantai Ranca Buaya dan Goa Lalay, konsep yang bagusnya seperti apa.

“Mungkin ke depan akan kita buat Kawasan percontohan wisata pantai yang nyaman. Sepertinya lebih enak buat dijadikan taman pantai. Saat ini sedang kita pikirkan karena itu harus menjadi pusat rekreasi pantai. Ini kan Goa Lalay, keb arat sedikit pantai Ranca Buaya jadi kan nyambung dan memanjang. Ini kan baru penataan, oleh karena itu Dinas Pariwisata Jabar harus kerja sama dengan Kabupaten Garut untuk perencanaannya,” pungkas Aher.

Leave a Reply