Netty Heryawan: Minat Baca Syarat Memenangi Kompetisi

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Secara makro, indeks membaca di Indonesia masih rendah, baru sekitar 0.0001%. Diperlukan penguatan agar membaca menjadi sebuah budaya di masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemprov Jawa Barat, yakni dengan menggelar Roadshow Gerakan Minta dan Budaya Baca melalui Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jabar.

Bunda Literasi Jabar Netty Heryawan mengungkapkan, sudah seharusnya kita membangun semangat membaca di kalangan anak muda, khususnya pelajar karena mereka adalah calon pemimpin, sehingga basis pengetahuan harus ditambah.

“Termasuk kompetensi, keunggulan dan karatkter harus dibangun, maka output dari minta baca ini membangun keunggulan sebagai syarat untuk memenangi kompetisi,” ungkap Netty di hadapan perwakilan pelajar SD, SMP, dan SMA se- Kabupaten Bandung di Gedong Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Rabu (21/12).

Terlebih, lanjut Netty, kini kita dihadapkan pada fenomena yang tidak dapat terbantahkan di era globalisasi, yaitu persaingan dan pengaruh yang belum tentu baik.

“Jadi kata kuncinya untuk bisa bertahan dengan membangun kepantasan, keunggulan, dan benteng pertahanan,” tegasnya.

Menurut Netty, jika kita mempunyai kemampuan literasi, literasi itulah yang memberikan informasi sekaligus memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi, Sehingga karakter yang tangguh dan mampu berkompetisi bisa terwujud.

Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jabar Neni Kencanawati mengajak seluruh pelajar dan pengajar yang hadir untuk berkunjung ke perpustakaan daerah maupun provinsi yang terletak di Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung.

“Di perpustakaan daerah, terdapat sekitar 900 buku yang dapat dibaca sebagai gudang ilmu bagi pelajar sebagai penerus bangsa,” katanya.

Share This

Leave a Reply