Naaradewa akan Semarakan Acara Pesta Rakyat De’Syukron

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto istimewa
foto istimewa

Jurnal Bandung – Dalam rangka memperingati hari jadi provinsi Jawa Barat ke-69, pemerintah provinsi menggelar Pesta Rakyat De’Syukron. Meski malam puncak De’Syukron menghadirkan kembali video mapping, namun untuk tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Menurut Kepala Biro Humas, Protokol, dan Umum (HPU) Provinsi Jabar, Ruddy Gandakusumah, video mapping kali ini sangat berbeda, pasalnya ada film pendek yang menceritakan tentang lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut Ruddy menceritakan video mapping Naaradewa, karakter dalam cerita tersebut adalah Naara dan Tarum.  Naara adalah pemuda nelayan sungai, Ci Tarum, ia adalah penduduk desa nelayan. Berhati jujur, cerdas, bersemangat, dan menyukai tantangan. Ci Tarum adalah ekosistem sungai, tempat asal mula peradaban. Sebagian besar penduduk adalah nelayan dan petani.

Tarum, dalam cerita mitos, Tarum adalah penjaga dunia air, dunia sungai Ci Tarum. Tarum berwujud air yang hidup (karakater air, warna bening, transparan, dan sedikit pantulan langit berwarna biru), memiliki kekuatan yang dapat memancarkan energi berwujud air. Wujudnya sangat fleksibel, seperti air, mengalir, memancar, dan dapat menirukan bentuk-bentuk yang ia inginkan, sesekali bercanda menirukan ekspresi Naara atau menjadi wujud Naara.

Leave a Reply