Mulutmu Harimaumu, Pedangdut Cita Citata Dipolisikan Mahasiswa Papua

Oleh: JB-05

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Istilah ‘Mulutmu Harimaumu’ sepertinya cocok dialamatkan kepada Cita Rahayu atau yang lebih dikenal Cita Citata.

Pedangdut yang kini tengah naik daun itu dilaporkan ke Mapolda Jawa Barat oleh empat mahasiswa asal Papua yang berdomisili di Kota Bandung karena ucapannya yang dinilai menyinggung perasaan warga asal Papua.

Salah seorang pelapor Lete Lesta Tabuni bersama tiga rekannya mengaku sebagai perwakilan warga Papua di Jabar.

Didampingi kuasa hukumnya Acong Latif dan Frandes Iko, mereka mendatangi Mapolda Jabar, Senin (23/2) pukul 11.00 WIB. Laporan dengan nomor laporan: LPB/160/II/ 2015/Jabar ini di proses Ditreskrimsus Polda Jabar.

“Tadi sekitar pukul 11.00 WIB kami bersama teman-teman Papua yang berdomisili di Kota Bandung melaporkan Cita Citata ke Mapolda Jabar, pelaporan sendiri berdasarkan acara (televisi) yang mereka tonton yang menyiarkan Cita Citata. Di sana dia (Cita Citata) mengungkapkan kata-kata yang menyinggung perasaan warga Papua,” papar Acong kepada Jurnal Bandung melalui telepon selulernya, Senin (23/2).

Acong melanjutkan, dalam tayangan televisi, pelantun lagu ‘Sakitnya Tuh Disini’ itu tengah menggunakan baju adat Papua. Dalam sesi wawancara, Cita Citata mengungkapkan kata-kata yang menyinggung perasaan warga papua.

“Cita bilang “Cantik tak seperti orang Papua” kata-kata itulah yang bikin tersinggung, sehingga mereka (warga Papua) mendatangi kami untuk mendampingi pelaporan di Mapolda Jabar,” terangnya.

Cita Citata diduga melanggar pasal 28 ayat 2 UU ITE yang isinya penghinaan (suku, agama, ras, dan antargolongan/SARA) dengan ancaman 6 tahun penjara.

Dengan pelaporan tersebut, lanjut Acong, pihak mahasiswa Papua yang berdomisili di Kota Bandung berharap Cita Citata dapat meminta maaf secara langsung kepada warga Papua.

“Dari teman-teman Papua, mintanya Cita Citata mendatangi setiap kabupaten di Papua dan harus diselesaikan secara adat,” tegasnya seraya mengatakan, pihak mahasiswa Papua mengultimatum Cita Citata untuk meminta maaf maksimal hingga satu bulan ke depan.

Leave a Reply