Mesin ATM BNI Berisi Uang Ratusan Juta Rupiah di Gegerkalong Bandung Digondol Maling

JB-04

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Sebuah mesin anjungan tunai mandiri (ATM) berisi uang ratusan juta rupiah milik Bank BNI di Jalan Sindang Sirna I, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung digondol maling, Senin (2/3) sekitar pukul 03.30 WIB.

Aksi pencurian ini terbilang cepat lantaran para pelaku berhasil menggondol mesin ATM tersebut dalam waktu sekitar 20 menit. Kasus pencurian mesin ATM ini pertama kali diketahui Suryadi, 38, seorang driver Bank BNI.

Pihak Kantor Cabang BNI di Jalan perintis Kemerdekaan yang mengontrol ATM tersebut lewat closed circuit television (CCTV) mendapati lampu di gerai ATM tersebut padam dan memerintahkan Suryadi untuk mengeceknya. Suryadi pun kaget, karena saat tiba di lokasi, mesin ATM sudah raib.

“Awalnya ngecek dulu ke kantor, lalu saya pergi ke lokasi. Saat di lokasi, pintu gerai ATM sudah dalam keadaan terbuka dan kondisi di dalamnya sudah acak-acakan, bahkan Mesin ATM pun sudah tidak ada,” ungkapnya kepada Jurnal Bandung di lokasi kejadian, Senin (2/3).

Suryadi pun melaporkan hal tersebut kepada atasannya dan pihak kantor BNI langsung melaporkannya kepada pihak kepolisian setempat.

“Saya datang ke lokasi sekitar pukul 04.00 WIB, pas adzan awal,” ucap Suryadi seraya menduga jika pelaku menggondol mesin ATM itu hanya dalam waktu sekitar 20 menit.

Pihak Keamanan BNI Sunari, 41, menambahkan, aksi para pelaku ini terekam CCTV. Dalam rekaman tersebut, terlihat empat pelaku menggunakan topi dan masker yang menutupi wajahnya. Mereka masuk ke dalam gerai seluas 2×3 meter itu dan langsung membongkar mesin ATM itu.

“Kalau dilihat dari CCTV pelakunya ada empat yang masuk, mereka menggunakan topi yang satu topinya loreng, dan pake masker, juga sarung tangan,” ungkapnya.

Meskipun lampu ruangan ATM tersebut padam, namun aksi mereka tetap terekam CCTV yang dilengkapi fasilitas infra merah.

“Mereka bongkar secara bersamaan, jadi yang satu pake linggis, yang tiga orang goyang-goyang mesin ATM, pembongkaran yang terekam dalam CCTV sekitar 6 menit sampai mereka keluar gerai,” terangnya.

Akibatnya aksi pencurian tersebut, uang senilai ratusan juta rupiah yang berada dalam mesin ATM pun ikut raib. Petugas Operasional Bank BNI menyebutkan, uang dalam mesin ATM tersebut diperkirakan sebesar Rp100 juta.

“ATM itu menyediakan uang pecahan Rp50.000, diperkirakan uangnya sekitar Rp100 jutaan,” sebutnya.

Berdasarkan pantauan Jurnal Bandung di lokasi kejadian, ruangan ATM terlihat porak poranda dan papan-papan di dalam ruangan pun berserakan.

Setelah dilakukan proses identifikasi oleh tim INAFIS Polrestabes Bandung, gerai ATM BNI itu langsung dipasangi garis polisi. Hingga kini, belum diperoleh keterangan resmi dari pihak kepolisian.

Leave a Reply