Menunggu Keajaiban Tangan Ridwan Kamil

Oleh: Yuga Khalifatusalam

foto net
foto net


Jurnal Bandung РJalan Komud Supadio atau yang lebih dikenal jalan Jatayu dulu suasananya asri, sejuk, dan enak dipandang. Sekarang kondisi tersebut sudah sangat berubah. Pepohonan rindang sudah tidak ada lagi, diganti oleh kios-kios permanen yang terlihat kumuh.

Bagaimana tidak, saat ini, ada ratusan pedagang kaki lima (PKL) yang sengaja membuat kios permanen di sepanjang Jalan Komud Supadio atau Jalan Jatayu.
Padahal, kebanyakan PKL tersebut adalah pendatang yang  kebanyakan berasal dari daerah Panjalu, Ciamis, Garut dan sebagainya. Mereka sengaja mendirikan kios permanen untuk mengadu nasib.

Dari tahun ke tahun, jumlah kios permanen tersebut semakin bertambah. Pasalnya, para pendatang yang sudah menetap di Jatayu ini, terus membawa sanak sadaranya ke daerah Jatayu.

Trotoar yang seharusnya menjadi hak pejalan kaki dirampas oleh para PKL. Alhasil para pejalan kaki terpaksa harus berjalan di atas badan jalan. Meskipun mereka sadar nyawanya terancam, namun apalah daya karena trotoar sudah tak terlihat wujudnya karena dipakai untuk kios-kios permanen.

Di tengah kondisi seperti ini, mudah-mudahan Walikota Bandung Ridwan kamil bisa segera mengubah Jalan Komud Supadio atau Jatayu seperti sedia kala. Hanya tangan ajaib Ridwan Kamil yang bisa mengembalikan Jalan Jatayu menjadi asri, sejuk, dan enak dipandang. Jangankan Pasar Jatayu, pasar Cicadas saja yang katanya susah untuk direlokasi bisa dengan mudah diatasi Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Leave a Reply