Menteri PAN-RB Luncurkan Buku Top 35 Inovasi Pelayanan Publik

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur‎ memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah yang telah melakukan inovasi pelayanan publik, tak terkecuali bagi institusi Polri.

“Polri banyak bawa tim. Ini membuktikan bahwa Polri sekarang jadi Polri modern. Pelayananya sudah pake digital, tidak lagi pake tongkat, sekarang tinggal pencet tombol langsung polisi hadir. Bahkan, dalam waktu 5 menit kalau ada kejadian sudah tidak khawatir lagi karena polisi hadir,” ungkap Asman dalam acara Forum Nasional Replikasi Inovasi Pelayanan Publik 2016 di Gedung Pusdai, Kota Bandung, Rabu (26/10).

Asman mengatakan, hari ini, pihaknya ingin menjadikan Kota Bandung sebagai tempat berkumpulnya para inovator pelayanan publik.

Dengan begitu, kata dia, para inovator itu diharapkan bisa berbagi dan bertukar informasi seputar pelayanan publik.‎

“Inovasi ini datang dari daerahnya dengan biaya sendiri (tidak dibiayai Menteri PAN-RB). Ini wujud dari kesadaran kawan-kawan semua bahwa ilmunya perlu diturunkan ke daerah lain, dengan sukarela. Untuk itu saya berikan apresiasi,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, hari ini pun pihaknya meluncurkan buku “Top 35 Inovasi Pelayanan Publik”.

“Insya Allah buku ini memberikan inspirasi bagi kepala daerah dan peserta, sehingga nanti akan berlomba- lomba masuk. Kita harapkan nanti dari top 35 ini berkembang terus menyempurnakan inovasinya. Sesuai amanah presiden, tidak boleh berhenti memperbaiki pelayanan publik, sampai kapan pun karena pelayanan publik itu hak masyarakat. Maka, saya imbau para aparatur sipil negara untuk terus mengembangkanya,” tutur Asman.

Share This

Leave a Reply