Menteri KUKM : Mahasiswa Berpotensi Buka Lapangan Kerja Baru

Oleh Ferry Prakosa

foto.net
foto.net

Jurnal Bandung – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) RI, Syarifuddin Hasan menilaiĀ  mahasiswa sangat berpotensi untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

“Meskipun sibuk kuliah, mahasiswa dapat menjadi seorang wirausaha handal,” beber Syarifuddin dalam acara penerimaan mahasiswa baru Unikom di Sasana Budaya Ganesha, Senin (8/9).

Dia mengatakan, menjadi seorang wirausaha sangat berpotensi meraup keuntungan yang besar. Salah satunya adalah membangun perencanaan kariernya sendiri. Bahkan seorang wirausaha juga terhindar dari dugaan praktik korupsi.

“Ini (jadi pengusaha) sangat berbeda dengan seorang pegawai. Kalau pegawai tiba-tiba menjadi kaya raya maka akan dipertanyakan dan siap-siap didatangi 3 huruf (KPK,red),” tutur dia,

Hingga saat ini dia mengaku telah berhasil menumbuhkan jumlah wirausaha baru dari 0,16% pada awal pemerintahan SBY di tahun 2009 menjadi 1,65% di 2013. Keberhasilan ini diharapkan dapat diteruskan oleh pemerintahan selanjutnya yang dipimpin Jokowi.

“Sekarang ini jumlah wirausaha Indonesia mencapai 3,7% juta orang dan diharapkan terus tumbuh hingga 4,75 juta orang,” kata dia.

Kedepan, dia berharap pertumbuhan wirausaha dapat terus digenjot agar setiap penduduk Indonesia pada 2045 memiliki pendapatan perkapita sebesar US$16.000 pertahun. Angka ini akan menjadikan Indonesia memiliki pendapatan perkapita tertinggi di dunia

Leave a Reply