Menkumham Resmikan 10 Lapas Industri di Jabar

Oleh: Yuga Khalifatusalam

‪Jurnalbandung.com РMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly dikabarkan akan meresmikan peternakan milik lembaga pemasyarakatan (lapas) di Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan seusai mendonorkan darahnya di Gedung PMI Kota Bandung. Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan, Sabtu 4 Februari besok, Yasonna akan meresmikan peternakan yang diselenggarakan oleh lapas.

“Menteri Hukum dan HAM akan ke Jawa Barat, lusa nanti, untuk meresmikan peternakan yang diselenggarakan oleh lapas. Ada lapas yang menyelenggarakan peternakan di Jawa Barat,” ungkap Aher di Bandung, Kamis (2/2).

Disebutkan Aher, ada tiga lapas di Jabar yang menyelenggarakan peternakan, di antaranya Bogor dan Sukabumi.

“Jadi tiga lapas itu menyelenggarakan peternakan cukup besar, di angka 150 hingga 200 ekor hewan ternak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar Susy Susilawati menambahkan, terdapat 10 lapas di Jabar yang menjadi tempat industri yang merupakan bagian dari program Lapas Produktif atau Lapas Industri yang dicanangkan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Menurut dia, peresmian lapas industri tersebut akan berlangsung serentak yang dipusatkan di Lapas Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, 4 Februari 2017 besok.

“Pada Sabtu nanti, Pak Menkum HAM dan Gubernur Jabar akan meresmikan operasionalisasi 10 tempat industri di lapas,” katanya.

Susi menyebutkan, ke-10 lapas industri ini tersebar di Jabar, di antaranya Lapas Warungkiara Sukabumi, Lapas Sukamiskin Bandung, Lapas Cirebon, Lapas Karawang, Lapas Kuningan, Lapas Cibinong, serta Lapas Bogor.

“Setiap lapas mempunyai garapan khas dalam menyukseskan program ini. Untuk Warungkiara, Kuningan, dan Cibinong untuk penggemukan sapi. Kemudian Lapas Cirebon industri garmen, Lapas Sukamiskin percetakan, Bogor dan Sukabumi olahan makanan seperti produksi bakso, abon, serta sosis. Kemudian Karawang dan Gunung Sindur perikanan,” papar Susi.

Share This

Leave a Reply