Mayoritas Warga Jabar Sudah Melakukan Pemasangan Listrik

Oleh : Redaksi
Jurnalbandung.com – Dari jumlah 48 juta penduduk Jabar, yang belum melakukan pemasangan tenaga listrik pada tahun 2018 hanya tinggal 0,01 persen. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Ketenagalistrikan Dinas ESDM Provinsi Jabar, Ai Saidah.

Menurut dia, jika dipersentasikan masyarakat Jawa Barat yang sudah melakukan pemasangan listrk mencapai 99,99 persen. Persentasi tersebut menurut Ai, lebih tinggi dari rata-rata nasional yang mencapai 98 persen.
“Tinggal 0,01 persen lagi masyarakat di Jabar yang belum menerima aliran listrik. Namun, karena jumlah penduduknya besar angka tersebut cukup besar dan butuh perjuangan dan keseriusan untuk kita bantu mendapatkan aliran listrik,” kata Ai dalam Japri (Jabar Punya Informasi) di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (9/8/19).
“Yang belum teraliri listrik ini akan kita keroyok bersama agar mencapai elektrifikasi menuju 100 persen,” tambahnya.
Menurut Ai, sebelum program listrik masuk desa berjalan pada 2001, persentase elektrifikasi Jabar hanya 52,16 persen. “Selama kurun waktu hampir 17 tahun atau hingga tahun 2018 Pemprov Jabar sudah berhasil menyambungkan listrik sebanyak 298.456 keluarga dengan anggaran mencapai Rp443 miliar,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply