Mau Mudik? Ini Tips Ala Brotherhood Mc

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Mudik lebaran tahun 2018 tetap didominasi oleh pengendara roda dua, pemudik dengan sepeda motor sering juga mendominasi sebagai jumlah kecelakaan paling banyak. Ada tips dan trik dari Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC) Indonesia agar mudik selamat sampai tujuan.

El Presidente BBMC Pegi Diar mengatakan, yang paling pertama dan utama adalah safty riding, pakai semua peralatan berkendara mulai dari helm, sarung tangan dan sepatu, dan pendukung lainnya seperti surat-surat kendaraan.

“Utamakan dahulu alat keselamatan pengendara, tetap safty riding saat melaju di jalan raya,” kata Pegi usai acara perayaan hari Jadi BBMC ke 30 di Taman Hutan Raya, Rabu (13/6) malam.

Pegi menjelaskan, hal yang kedua adalah pengecekan pada kendaraan yang akan di pakai mulai kondisi mesin, lampu, rem oli, ketebalan ban dan kelistrikan. Jangan paksakan menggunakan motor dalam kondisi yang tidak sehat.

“Yang tidak kalah penting adalah jaga kondisi fisik, jika memungkinkan dalam berkendara sepeda dua jam sekali istirahat,” ucapnya.

Menurut Pegi, dalam kondisi mudik jalanan yang ramai seperti sekarang ini serta kondisi sedang puasa tak jarang pengendara kehilangan fokus. Maka untuk memulihkan fokus itu harus cukup istirahat.

“Jangan sampai bekendara dalam kondisi yang tidak sehat dan tidak cukup istirahat, karena itu bisa membahayakan pengendara itu sendiri dan pengendara lain terlebih menggunakan motor besar yang memerlukan tenaga yang cukup,” tuturnya.

Leave a Reply