Makin Mesra, PKS-Gerindra Siapkan Koalisi di Pilgub Jabar 2018

Oleh: Bayu Wicaksana

Jurnalbandung.com – Hubungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) nampaknya makin mesra. Setelah berkoalisi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta, rencana koalisi serupa kini tengah disiapkan untuk Pilgub Jawa Barat 2018 mendatang.

Seperti diketahui, pada Pilgub DKI Jakarta tahun ini, PKS berkoalisi dengan Partai Gerindra untuk mengusung Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Ketua DPW PKS Jabar Ahmad Syaikhu mengatakan, menghadapi Pilgub Jabar 2018, pihaknya ingin berkoalisi dengan Gerindra. Selain karena karena partainya kekurangan kursi, koalisi PKS dan partai pimpinan Prabowo Subianto ini menurutnya paling berpeluang untuk menang.

Dia mengatakan, PKS dan Gerindra memiliki pandangan yang sama terkait arah berpolitik. Selain itu, kedekatan dua partai ini pun sudah terjalin baik di tingkat pusat.

“Dan koalisi Gerindra-PKS ini bukan hanya di pusat, termasuk ke Jawa Barat. Jadi kemungkinan besar (di Pilgub Jabar 2018 PKS) koalisi dengan Gerindra lagi,” ungkap Syaikhu di Bandung, Kamis (2/3).

Dia pun berharap, koalisi ini bisa diikuti juga oleh masing-masing partai di tingkat kabupaten/kota. Meski begitu, PKS masih membuka peluang untuk berkoalisi dengan partai lainnya. Selama ini pun, kata dia, komunikasi politik dengan partai-partai lain terus dilakukan.

Sementara itu, disinggung sosok yang akan diusung pada Pilgub Jabar 2018, dia belum berani mengungkapkan.

Pihaknya masih akan menunggu keputusan DPP PKS terkait hal ini. Hanya saja, kata dia, PKS Jabar sudah memiliki tiga nama yang akan diusung dalam pilgub mendatang. Ketiga nama itu merupakan hasil penjaringan internal PKS melalui pemilihan raya (Pemira).

“Daerah ingin secepatnya (dipublikasikan), tapi DPP punya pertimbangan dan tidak ingin terburu-buru,” katanya.

Terpisah, Partai Gerindra menyambut positif keinginan koalisi PKS ini. Menurut Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jabar Daddy Rohanady, pengurus PKS Jabar sudah berbicara langsung kepadanya terkait rencana koalisi itu.

“Ya benar, sudah ngomong langsung ke saya,” kata Daddy saat dikonfirmasi terkait keinginan koalisi itu.

Menurut dia, partainya hampir pasti berkoalisi dengan PKS dalam Pilgub Jabar 2018. Menurut dia, koalisi ini bukan terlahir secara tiba-tiba, melainkan melalui proses panjang. Terlebih, unsur kedua partai di tingkat pusat pun telah menjalin hubungan yang baik.

“Di tingkat pusat pun sudah baik. Jadi wajar koalisi, dengan PKS enggak ada masalah,” kata Daddy.

Dia pun memastikan, rencana koalisi ini mendapat sambutan baik dari akar rumput. Kader dan pengurus Gerindra di kabupaten/kota di Jabar juga sangat mendukung terwujudnya koalisi itu. Namun begitu, dia tetap menyerahkan keputusan mitra koalisinya ini kepada DPP Gerindra.

“Tapi pusat pun pasti mendengarkan suara daerah,” katanya.

Daddy pun belum mengungkapkan sosok yang akan diusung dalam Pilgub Jawa Barat 2018. Saat ditanya apakah sudah menemukan kandidat yang tepat, Daddy tidak menjelaskannya.

“Nanti saja kalau sudah waktunya,” tandasnya.

Leave a Reply