Mahasiswa Bandung Calon Wajib Pajak Potensial

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa, namun tak sedikit mahasiswa di Bandung yang telah berpenghasilan dari usaha yang digelutinya.

Inovasi dan kreativitas anak muda Bandung, khususnya mahasiswa memang tak perlu diragukan lagi. Terlebih, jiwa entrepreneur pun mereka miliki, sehingga usaha yang mereka bangun cepat berkembang.

Dengan kelebihan yang dimilikinya itu, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Cibeunying melirik mereka sebagai kalangan potensial yang bisa dirangkul, agar turut memberikan kontribusi nyata dengan membayar pajak dari usaha yang dijalankannya.

Hal itu dikatakan Kepala KPP Pratama Cibeunying Andi Setiawan di sela-sela acara Pajak Goes to Campus yang digelar di Universitas Islam Bandung (Unisba), Jalan Taman Sari, Kota Bandung, Kamis (19/11).

“Lewat acara yang dikemas lebih friendly ini, kami berharap sosialisasi pajak bisa lebih mudah dipahami dan diserap mahasiswa. Ke depannya, kami pun ingin menggugah kesadaran mahasiswa, khususnya yang memiliki jiwa entrepreneurship untuk turut membayar pajak dari hasil usahanya,” tutur Andi kepada Jurnal Bandung.

Kini, lanjut Andi, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), termasuk mahasiswa entrepreneur di dalamnya tak perlu repot lagi dengan hitung-hitungan pajak yang mesti dibayarkan. Mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46/2013 tentang Tarif Pajak, pelaku UMKM dengan omset di bawah Rp4,8 miliar, besaran pajak yang harus dibayarkannya sebesar 1% dari nilai omset per tahun.

“Jadi, kalau mahasiswa punya usaha dengan omset Rp60 juta per tahun misalnya, pajak yang dibayarkannya hanya Rp600.000 per tahun,” terang Andi.

Dalam kesempatan itu, Andi juga memaparkan, dari target raihan pajak yang dibebankan kepada KPP Pratama Cibeunying sebesar Rp2.150.04 triliun, hingga Kamis (18/11), realisasi penerimaan pajak sudah mencapai Rp1.832.047 triliun atau sekitar 85%.

Masih di tempat yang sama, Eneng Cahya Mutiara Suryana menilai sosialisasi pajak bagi mahasiswa sebagai langkah yang baik. Menurut mahasiswa Fakultas Ekonomi Unisba semester 7 ini, sosialisasi soal pajak juga penting bagi mahasiswa, terlebih bagi mahasiswa yang hendak terjun ke dunia usaha.

“Acara ini bagus, kita jadi lebih tau dan sadar soal pajak. Ini juga jadi bekal buat kita jika ingin menggeluti dunia entrepreneur,” katanya.

Share This

Leave a Reply