Mahakarya Tuhan Ini Berada di Kawasan Geopark Ciletuh

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net

Jurnal Bandung – Inilah sebuah Mahakarya Tuhan yang Maha Esa. Betapa tidak, dalam sebuah kawasan, kita bisa menikmati berbagai jenis pemandangan yang luar biasa eksotis.

Mulai dari panorama pantai yang indah nan bersih, air terjun yang sangat membuat hati tenang, hingga lautan yang terhampar luas seperti halnya lukisan yang indah. Adalah kawasan Geopark Ciletuh yang terletak di Kabupaten Sukabumi yang menyajikan pemandangan indah dan eksotis itu.

Ketika menginjakkan kaki di teluk pantai Geopark Ciletuh, kita disajikan pemandangan yang begitu indah. Rasa lelah karena menempuh perjalanan panjang dari Bandung yang memakan waktu hingga 8 jam seolah sirna saat disuguhi pemandangan pantai yang bersih dan indah.

Pantas saja jika Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyebut Geopark Ciletuh sebagai teras surga atau emperan surga. Sebab, panorama alam di Jabar Selatan ini memang memukau siapapun yang mengunjunginya. Terlebih, masih belum banyak orang yang mengetahui keindahan panorama Geopark Ciletuh ini.

Tak jauh dari teluk pantai Geopark Ciletuh, dengan perjalanan sekitar 30 menit, kita bisa mengunjungi Curug Cimarinjung. Pengunjung yang datang ke curug (air terjun) ini akan disuguhi indahnya pemandangan yang luar biasa. Berbeda dengan curug-curug lainnya di Jabar, bahkan di Indonesia sekalipun, Curug Cimarinjung begitu eksotis dan tampak belum terjamah oleh manusia.

Tempatnya sepi, enak untuk bermain basah-basahan. Setelah badan bermandikan keringat karena panasnya Pantai Ciletuh, kita bisa mandi dengan air segar Curug Cimarinjung. Embusan angin sepoi-sepoi dan segar juga membuat para pengunjung ingin berlama-lama melihat keindahan Curug Cimarinjung.

Tidak sampai di situ saja, jika masih ada tenaga, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Puncak Darma. Konon katanya, tempat ini merupakan lokasi bersemayamnya para dewa. Kondisi jalan yang masih jelek membuat para pengunjung harus menggunakan mobil off road untuk mencapai lokasi atau bisa menyewa ojeg dengan tarif Rp60.000 pulang pergi.

Di Puncak Darma, pengunjung diberikan pemandangan yang menakjubkan. Hamparan laut biru terpampang jelas di Puncak Darma ini. Bahkan, jika beruntung, pengunjung juga bisa melihat proses terbenamnya matahari (sunset).

Namun, jurnalbandung.com tidak bisa meng-eksplore seluruh kawasan Geopark Ciletuh karena terbatasnya waktu kunjungan. Untuk menikmati seluruh “harta terpendam” di Geopark Ciletuh, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar satu minggu karena masih banyak kawasan yang wajib dikunjungi dan notabene masih perawan.

Leave a Reply