Luar Biasa!!! Emil Ubah Sanksi #NgepelBraga Bagi Fadillah Simeray Jadi Kegiatan Positif Warga Bandung

Oleh: JB-02/Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Dua hari belakangan ini, sejumlah foto sosok-sosok perusak fasilitas umum (fasum) di kawasan Jalan Asia Afrika dan sekitarnya mulai bermunculan di media sosial.

Seakan ingin memberi efek jera, netter yang menyimpan foto sosok-sosok perusak fasum tersebut sengaja menggunggahnya. Berbagai cibiran pun dilayangkan netter setelah melihat penampakan sosok-sosok tak bertanggung jawab itu.

Seperti foto yang menampilkan seorang laki-laki dan dua pasang kaki yang berdiri di atas pot bunga saat menyaksikan karnaval Asia Afrika. Ada pula foto yang menampilkan laki laki dan perempuan yang tengah berfoto sambil memegang ornamen U.E Arab yang terlepas dari dinding Tugu Asia Afrika.

Foto-foto tersebut sontak menuai kecaman dari netter. Seperti diungkapkan pemilik akun keisha_padillah yang menulis: tangkap aja klau bner” lihat nya, jngan diem aja bwa langsung ke walikota bandung Kang Ridwan Kamil”

Hal senada juga diungkapkan pemilik akun @afii90 yang menulis: @ardiPseptiadi  @mazNOT @ridwankamil print fotonya trus bikin mading di monumen dgn hastag #TersangkaPerusakFasilitasUmum

Bahkan, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun sempat berang setelah melihat postingan foto dalam instagram yang memperlihatkan sosok Fadilllah Simeray yang tengah melakukan aksi vandalisme dengan berdiri di atas bangku klasik. Dalam foto tersebut, pria kurus ini mengenakan kaos bertuliskan “NO RULES FOR THE YOUNG”

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil pun sontak menuliskan komentar yang ditujukan bagi Fadillah Simeray. Melalui kolom komentar instagram. Dia menulis: Kamu bikin malu! Do you how much I fight day and night for these things to be there!!??

Selang beberapa hari, Fadilllah pun akhirnya mengakui kesalahannya itu. Melalui akun instagramnya @fadil.simeray, dia pun menuliskan permintaan maafnya pada warga Kota Bandung. Bahkan, dia pun memposting foto tulisan tangannya yang berisi permintaan maaf tersebut.

Emil pun akhirnya memaafkan tindakan yang dilakukan Fadil. Namun agar kejadian ini tak terulang, Emil pun menghukum Fadilllah membersihkan Jalan Braga untuk menebus kesalahannya. Melalui akun Twitter pribadinya @ridwankamil, Emil menulis: saya maafkan. tapi tetap dengan sanksi: Mengepel jln Braga di Jumat Siang.

Permintaan Emil pun langsung ditanggapi Fadil Simeray. Melalui akun Twitternya @fadillahsimeray dia menulis: alhamdulillah.. baik pak saya hadir di balai kota tepat jam 9 pagi. hatur nuhun pak @ridwankamil.

Kejadian ini pun ternyata membawa hikmah tersendiri. Bukan Emil namanya jika dia tak bisa memanfaakan peristiwa yang dilirik banyak netter ini. Emil pun menambahkan cuitannya: Btw, siapa mau gabung ngepel braga? bawa alat-alat sendiri. *bonus foto brg sy.

Ajakan Emil itupun mendapat tanggapan beragam dari netter, namun mayoritas netter mendukung dan siap bergotong membersihkan Jalan Braga.

Kehebatan Emil mengubah hukuman bagi Fadillah Simeray menjadi kegiatan positif ini pun mendapat apresiasi dari netter seperti yang diungkapkan pemilik akun @sitinaya yang menulis: You know you have a great Major, Bandung, when he can turn a punishment for vandalism to one positive public event. Lucky you!

Leave a Reply