Lima Tips Mengenali Beras Sintetis

Oleh: Redaksi

Waspada, Beras Sintetis Beredar di Jabar
foto Net

Jurnal Bandung – Masyarakat Indonesia akhir-akhir ini dibuat khawatir dengan maraknya beras sintetis yang diduga dibuat dari plastik.

Beras plastik ini bila dikonsumsi bisa mengakibatkan penyakit akut. Apalagi, para pakar mengatakan, memakan beras dari plastik sama dengan memakan satu kantong plastik!

Mau tidak mau, sekarang kita harus lebih teliti dalam membeli beras. Bahkan, jika Anda memiliki stok beras dalam jumlah banyak, maka sebaiknya diperiksa sekarang juga.

Berikut lima tips mengenali beras sintetis tersebut :

Pertama, perhatikan warnanya, beras sintetis lebih berwarna putih dan terlihat bersih. Beda dengan warna beras asli yang berwarna putih tapi sedikit keruh. Beras asli, di dalam butiran akan terlihat warna putih kecil di tengah-tengah.

Kedua, perhatikan wujudnya, beras asli akan terasa lebih kasar jika dipegang. Sementara beras plastik akan terasa licin.

Ketiga, saat diolah, beras sintetis yang terbuat dari plastik ini akan lebih sulit menjadi kering dan tidak bisa bercampur.

Keempat, perhatikan hasil rebusan dan bau yang dikeluarkannya. Jika terasa berbeda dengan beras yang sehari-hari Anda konsumsi, sudah jelas itu beras plastik.

Terakhir, beras plastik akan menggumpal setelah menjadi nasi. Bila dipegang, terasa lembek tapi kenyal.

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda agar Anda dan keluarga terhindar dari penyakit berbahaya akibat ketidaktahuan Anda mengonsumsi beras palsu ini.

Share This

Leave a Reply