Lima Tahun Terakhir, Unpad Jadi Salah Satu Universitas Paling Diminati di Indonesia

Oleh: Dadan Burhan AA

Foto Dadan Burhan AA
Foto Dadan Burhan AA

Jurnal Bandung  – Sebanyak 7.970 mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2016/2017 diterima Universitas Padjajaran (Unpad).

Para mahasiswa baru tersebut terdiri dari mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di Program Pascasarjana, Pendikan Spesialis dan Profesi, Program Sarjana, dan Program Diploma IV.

Prosesi penerimaan mahasiswa baru (PMB) dilakukan di Stadion Sepakbola Kampus Unpad Jatinangor, Senin (22/8). Prosesi PMB tersebut dihadiri juga 27 pejabat daerah, wali kota dan bupati se-Jawa Barat.

Rektor Unpad Tri Hanggono Ahmad mengatakan, pada tahun ajaran  2016/2017, sebanyak 58.937 lulusan SMA/sederajat mendaftar melalui SNMPTN dan 93.046 mendaftar lewat SBMPTN.

“Dari pendaftar tersebut, sebanyak 3.064 orang atau 5,2% dan 3.552 SPMBTB atau 3,8% yang dapat diterima sebagai mahaiswa Unpad pada tahun ini,” ujar Tri dalam sambutannya.

Menurut Tri, Unpad menjadi salah satu universitas di Indonesia dengan peminat yang paling banyak selama lima tahun ini. Para maba yang berhasil diterima Unpad merupakan mahasiswa yang terbaik di Indonesia.

“Kami apresiasi dengan keberhasilan kalian atas perjuangan panjang selama ini. Bahkan, mampu bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya. Ini juga tidak terlepas dari peran orang tua mereka,” katanya.

Mahasiswa baru Unpad, kata Tri, harus bisa menjadi mahasiswa yang bermanfaat, berkualitas, berprestasi dan harus bisa menjaga citra baik nama almamater.

“Jadi, mahasiswa yang berprestasi dapat langsung menempuh ke jenjang S2 walaupun jenjang S1 nya belum selesai,” tambah Tri.

Pada tahun ini, sambung Tri, sebanyak 258 mahasiwa program dokter dan 112 mahasiwa program dokter spesialis telah menandatangai kontrak pengabdian. Nantinya, setelah lulus, para mahasiwa tersebut ditempatkan di berbagai daerah di Jabar.

“Nanti kepala daerah dapat memanfaatkan lulusan dokter dan dokter spesialis tersebut untuk menciptakan kesehatan yang lebih baik,” katanya.

Sementara, Wakil Gubernur Jabar Dedi Mizwar yang menghadiri prosesi tersebut mengatakan, dari 7.970 maba Unpad, ada sekitar lebih dari 2.000 maba yang merupakan putra putri Jabar.

Pihaknya berharap, putra putri Jabar yang mengenyam pendidikan di Unpad nantinya dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan Jabar.

“Unpad merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang sangat diandalkan, Unpad mampu melahirkan generasi muda intelektual yang berwawasan luas dan memiliki kualitas dalam akademik,” katanya.

“Dari 2.000 an maba putra putri daerah ini, 900 maba di antaranya akan masuk dalam program bidik misi, masuk juga program beasiswa kedokteran dan spesialis kedokteran,” sebut Deddy.

Share This

Leave a Reply