Launching Desa Digital, Emil Berambisi Pasang Internet Sehari Tiga Desa

Oleh : Redaksi

Jurnalbandung.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) melaunching Desa Digital di Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (14/4).

Dia mengatakan, ada banyak manfaat bagi warga desa dengan adanya internet gratis melalui program desa digital.

“Hari ini kita membuka pintu (akses) informasi dan untuk warga di Desa Sirnarasa. Pintu yang dibuka ini salah satunya adalah akses internet,” kata Emil di hadapan warga.

Sebagai pemimpin, kata dia, pihaknya harus bisa membawa perubahan, ketenangan dan mewariskan masa depan yang lebih baik.

“Makanya hari ini kita membawa internet ke desa ini. Internet ini menjadi bagian dari misi Desa Digital,” kata dia.

Bahkan Emil bercita-cita agar di semua desa di Jabar memiliki akses internet dalam lima tahun kepemimpinannya. Targetnya 1000 desa per tahun atau rata-rata tiga desa per hari.

Adapun dampak dari Desa Digital ini, yakni bisa membuka akses ke dunia luar, dengan begitu, generasi selanjutnya bisa lebih pintar.

“Ini ambisius, tapi bukan tidak mungkin bisa dilaksanakan,” jelas dia.

Tidak hanya itu, akses internet pun bisa digunakan sebagai ajang promosi potensi daerah, salah satunya melalui media sosial yang bisa diakses melalui internet.

Dia mencontohkan Desa Cibuntu, di Kabupaten Kuningan yang diminati wisatawan mancanegara karena dipromosikan lewat internet.

“Pada salah satu aplikasi promo, di desa itu (Cibuntu) sebuah rumah dengan dua kamar penginapan dipromosikan, dan diakses orang luar negeri, karena tertarik mereka datang dan menginap di situ. Ini artinya ada manfaat yang dihasilkan dari promosi internet itu, ” kata Emil.

Begitupun dengan Sirnarasa dengan berbagai potensi yang dimiliki bisa dipromosikan melalui internet. Dengan Desa Digital ini semua potensi itu bisa dipromosikan.

“Intina sing parinter bahasa arab meh bisa ngaji, pinter bahasa inggris. (harus pintar bahasa arab agar bisa mengaji, dan pinter juga bahasa inggris). Doakan dan dukung terus pemerintahan yang memberikan perubahan,” kata Emil.

Share This

Leave a Reply