Lansia di Jabar Akan Mendapatkan Pelayanan Khusus

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – Pemprov Jawa Barat berencana membangun enam paviliun khusus lanjut usia (lansia) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) sebagai perwujudan program Jabar Provinsi Ramah Lansia.

Kepala  Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar Denny Juanda mengatakan, Pemprov Jabar memiliki program Ramah Lansia. Pihaknya ingin mengaplikasikan program tersebut.

“Kita ingin melayani para orang tua sesuai dengan slogan dan semangat Jabar sebagai provinsi Ramah Lansia,” katanya kepada Jurnal Bandung di Bandung, Jumat (6/2).

Dengan adanya paviliun khusus lansia, para lansia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara khusus.

“Ke depannya seluruh layanan medis untuk lansia di Jabar akan disiapkan secara khusus. Kalau ada lansia datang ke situ maka dia akan secara khusus dilayani. Kemudian peralatan medisnya juga khusus, tidak disatukan dengan pasien umum, termasuk pasien BPJS juga masuk di situ,” ujarnya.

Denny mengungkapkan, ada hal menarik di Jabar dimana populasi lansia hampir sama dengan dengan angka kelahiran bayi di Jabar.

“Ini yang cukup menarik, lansia sekarang populasinya hampir 9% dari total penduduk di Jabar. Sedangkan angka kelahiran bayi sebanyak 7,5%,” sebutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sesuai dengan program Jabar Provinsi Ramah Lansia, para lansia di Jabar diharapkan bisa hidup sehat, mandiri, dan sejahtera.

“Kami menyebutnya ber-SMS yakni sehat, mandiri, dan sejahtera. Bisa sehat jasmani dan rohani kemudian bisa mandiri dan terakhir bisa sejahtera dunia dan akhirat. Jadi kalau nanti wafat, bisa meninggal dunia secara khusnul khatimah,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply