Kurangi Macet dan Tekan Polusi, Sagowes Ajak Warga Bandung Ngagowes

Oleh: Faisal Maulida

Foto Faisal Maulida
Foto Faisal Maulida

BANDUNG – Selain dampak positif yang dirasakan warganya, perkembangan Kota Bandung yang begitu pesat tak lepas pula dari dampak negatifnya, salah satunya kemacetan dan polusi udara.

Jumlah kendaraan yang semakin banyak berlalu lalang di jalanan Kota Bandung pun, membuat kualitas udara berkurang akibat tercemar gas buang kendaraan.

Sadar akan hal itu, sebuah komunitas pesepeda Sagowes mengajak warga Bandung beraktivitas menggunakan sepeda. Selain bisa terhindar dan mengurangi kemacetan, dengan bersepeda, sedikitnya kita sudah berupaya menekan polusi udara di Kota Bandung.

Tidak hanya itu, bersepeda pun banyak sekali manfaatnya, terutama bagi kesehatan. Bersepeda merupakan cara yang sangat baik untuk membakar kalori, memperkuat kaki, bahkan untuk menurunkan berat badan secara efektif selain manfaat lainnya, yakni bersenang-senang.

Ketua Sagowes Ateng Zaelani mengatakan, kecintaan terhadap olahraga sepeda ini berawal dari hobi yang juga menyehatkan. Dengan bersepeda, kata Ateng, kita tidak memerlukan bahan bakar dan mendukung penghematan bahan bakar minyak (BBM).

“Sehat, bugar, juga mencintai dan menjaga lingkungan agar tetap nyaman tanpa polusi. Dan yang paling penting sepeda itu tidak dibebani oleh pajak tahunan dari kepemilikan sebuah kendaraan,” tutur Ateng kepada Jurnal Bandung.com saat ditemui di kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api, (GBLA) Gedebage, Kota Bandung, Minggu (14/2).‬

‪Ateng menjelaskan, tujuan komunitas Sagowes yang beranggotakan 21 orang ini juga tak lain untuk memperluas pertemanan, baik sesama komunitas sepeda maupun komunitas lainnya serta mempererat tali silaturahmi.‬

“Kita sering berbagi pengalaman positif tentang informasi dunia sepeda, hingga membahas toko sparepart yang murah,” sebutnya.  ‬

‪Ateng pun berharap, semua lapisan masyarakat, khususnya di Kota Bandung, sadar akan polusi udara yang semakin tinggi, dengan cara turut serta menjalankan aktivitas lewat bersepeda.

“Yang merasa cinta lingkungan, ayo kita ngagowes supaya jalanan gak macet, polusi pun berkurang,” ucap Ateng.

Share This

Leave a Reply