Kunjungi Pangandaran, Aher Kecewa Limbah Hotel Dibuang ke Pantai

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Banyaknya limbah rumah tangga dari hotel yang dialirkan langsung ke Pantai Pangandaran, membuat pantai yang setiap tahunnya ramai pengunjung ini menjadi kotor.

Bagaimana tidak, saat ini sudah banyak berjamuran hotel di pantai kebanggaan warga Jawa Barat. Hal ini membuat Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang sedang meninjau langsung pantai Pangandaran mengerutkan dahi.
Menurut pria yang akrab disapa Aher ini, Pantai Pangandaran harus dikelola dan ditata dengan baik. Kondisi Pangandaran saat ini sangat sembraut, dari mulai para pengunjung yang parkir seenaknya dipinggir jalan, para pedagang kaki lima (PKL) yang membuat lapak dipinggir pantai sehingga terlihat kesan kumuh, dan pembuangan limbah rumah tangga yang langsung dibuang ke pinggir pantai.

“Yang harus di prioritaskan adalah penataan pantainya karena itu adalah nilai jual Pangandran, karena kabupaten Pangandaran ini jualannya destinasi wisata. Disamping pembangunan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan,” katanya kepada wartawan saat ditemui disela-sela kunjungannya ke Pantai Pangandaran, Sabtu (2/1).

Dia berharap, bupati dan wakil bupati terpilih, segera melakukan penataan di Pantai Pangandaran, sehingga Pangandaran menjadi sebuah destinasi wisata internasional.  Selain itu, Aher juga berharap ada kesadaran dari masyarakat juga agar menjaga lingkungan. Karena pemerintah tidak bisa berjalan sendirian tanpa ada dukungan dari masyarakat. “Diperlukan juga kesadaran masyarakat, jangan ada lagi yang membuang sampah sembarangan. Dan jangan ada lagi yang membuang limbah ke pantai, baik itu rumah warga, hotel dan restoran,” paparnya.

Lebih lanjut Aher juga berpesan kepada keamanan pantai, agar lebih meningkatkan pengawasan di sekitar pantai, apalagi saat liburan, karena pengunjungnya membludak.

“Tetap menjaga mengawasi wisatawan yang sedang berenang jangan sampai ada korban saat musim liburan seperti ini, karena dengan pantainya dijamin keamanannya, wisatawan juga pasti akan lebih tertarik lagi,” tutur dia.

Share This

Leave a Reply