Kuningan Bangun Kebun Raya yang Luasnya Hampir Empat Kali Kebun Raya Bogor

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Bupati Kuningan Utje Choiriyah Suganda mengungkapkan, perlahan namun pasti, kabupaten yang dipimpinnya kini mulai banyak dilirik.

Bahkan, sejumlah event bertaraf internasional maupun nasional pun sudah banyak digelar di kabupaten berhawa sejuk ini.

“Kami kemarin menyelenggarakan event sepeda bertaraf internasional seperti Tour the Linggarjati, yang pesertanya mulai dari Brunai, Malaysia serta Serawak dan dari dalam negeri sendiri,” ungkap Utje kepada Jurnal Bandung, di Kuningan, belum lama ini.

Bahkan, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan menggelar peringatan Perjanjian Linggarjati ke-70. Menurutnya, perjanjian Linggarjati merupakan momentum penting berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami akan melobi pemerintah pusat agar mau dan mendukung peringatan Perjanjian Linggarjati ini,” katanya.

Yang menarik, di Kabupaten Kuningan kini tengah dibangun Kebun Raya Kuningan (KRK) yang luasnya hampir empat kali lipat Kebun Raya Bogor (KRB).

“Kami sedang membangun kebun raya di lereng Gunung Ciremai, Desa Padabenghar, Kecamatan Pasawahan dengan luasĀ 155 hektare,” ungkap Utje.

Di lahan seluas itu, sekitar 30% di antaranya kini sudah ditanami sekitar 105 species tanaman yang sudah terigistrasi dan masuk ke dalam buku katalog tanaman KRK.

Selain itu, puluhan hektare bagian lahan KRK lainnya juga sudah ditanami aneka jenis tanaman, namun belum didaftarkan dalam buku katalog KRK.

“Bagian lahan dalam kawasan KRK yang sampai saat ini belum ditanami tinggal sekitar 70 hektare-an lagi. Lahan itu sementara ini baru diisi tanaman pioner,” sebutnya.

Share This

Leave a Reply