Kultwit #BDGteknolopis Bikin Netizen Merinding

bandung teknopolis
Foto net

Oleh: Ridwan Farid

Jurnal Bandung – Rabu (25/3) Wali Kota Bandung Ridwan Kamil memberikan Kultwit tentang Bandung Teknopolis lewat akun Twitter pribadinya @ridwankamil.

Emil, sapaan Ridwan Kamil memaparkan rencana pembangunan Bandung Teknopolis. Ada 18 poin utama yang dia sampaikan lewat Kultwitnya. Para netizen pun menanggapi bangga rencana yang digadang-gadang akan menjadi kado dari Bandung untuk Indonesia itu.

Bahkan, hampir seluruh netizen yang memberikan tanggapan sangat mendukung rencana pembangunan ‘silicon valley’-nya Kota Bandung itu. Selain bangga, netizen juga mengaku merinding setelah mengetahui pemaparan Emil.

Betapa tidak, lewat pemaparannya, Emil seakan membuat para netizen bermimpi bahwa Kota Bandung nantinya memiliki sebuah kawasan modern yang sarat dengan teknologi tinggi.

Penasaran dengan Kultwit #BDGteknopolis itu? Berikut Jurnal Bandung menyajikan kembali poin-poin Kultwit Emil tanpa disertai perubahan. Berikut Kultwitnya:

1. sy mau kultwit ttg teknopolis ya.
#BDGteknopolis ini dulu nama akademiknya: Kawasan Pertumbuhan Primer Gedebage.

2. Ide Pusat Pertumbuhan Primer Gedebage ini sdh 10 thn terbengkalai. Bhkn ol developer2 cenderung hny akn jd perumahan sj, #BDGteknopolis.

3. Oleh krn itu sejak sy jd walikota, kawasan ini di konsep ulang agar jd pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat kota ke-2 BDG,#BDGteknopolis

4. Dipilihlah Pusat pertumbuhan dg konsep ICT economy. Krn SDM di BDG sgt siap.#BDGteknopolis sdh dihitung bs hasilkan 400 ribu lap kerja

5. Kebetulan, sblm jd walikota, sbg arsitek, sy sdh pernah desain 4 teknopolis di Asia & Timteng. Jd logika2nya sdh paham#BDGteknopolis

6. #BDGteknopolis ini miliki byk stake holder: Tanah pemkot, pemprov, Polda, UIN, Pertamina, grup Adipura, BtNunggal,Providence, Sumarecon.

7. Di #BDGteknopolis Sumarecon adalah 1 dari 8 stakeholder. Hanya sj memiliki kawasan plg besar, sehingga porsi zona teknopolis jg plg besar

8. Di #BDGteknopolis akan ada pusat riset, zona startup, kantor2 inovasi melengkapi standar kota mandiri: hunian, kantor, komersial dll.

9. di #BDGteknopolis Aspek LH jg direncana dg baik. Akan ada 2 danau besar masing2 30 Ha utk atasi banjir jg jd sumber air minum BDG timur

10. Kajian LH & Perda RDTR disiapkan Bappeda BDG, jg rencana trans publik: monorail, guides busdi#BDGteknopolis yg konek ke BDG lama.

11. Utk mendukung pusat pertumbuhan baru ini, kantor2 Pemkot BDG akan pindah ke #BDGteknopolis . Spt halnya PuteraJaya next to CyberJaya.

12. Akses baru utk #BDGteknopolis di pintu tol Exit 149 jg akan mulai konstruksi tahun ini. Sehingga akses ke Stadion GBLA jg jd mudah.

13. juga rencana pemerintah pusat membuat Hi-Speed Train Jakarta- Bandung, stasiun terakhirnya akan ada di #BDGteknopolis . JKT-BDG 30 mnt.

14. Dgn #BDGteknopolis ini, visi Bandung kota ekonomi kreatif berbasis inovasi bisa hadir lbh cepat. JKT kota korporasi, BDG kota UMKM.

15. #BDGteknopolis ini hadiah BDG utk Indonesia, krn negara sebesar kita tdk punya kota berbasis inovasi. Spura, Malaysia, China sdh duluan.

16. dgn #BDGteknopolis ini growth ekonomi BDG yg jd slh 1 terbaik di negeri ini 9% bisa naik double digit, yg ujungnya ut kemakmuran warga.

17. Jika #BDGteknopolis masih jg disebut proyek pencitraan, ya silakan saja. Kita tunggu saja saat logika ekonomi ini mulai bergerak.

 18. Sekian penjelasan saya tentang visi #BDGteknopolis . Semua mimpi besar dimulai dengan langkah2 kecil. Salam hormat.

Selain memaparkan konsep Bandung Teknopolis, Emil pun menambahkan hal lainnya untuk meyakinkan bahwa konsep Bandung Teknopolis memang benar-benar matang.

Tak lupa, Emil pun memposting beberapa foto saat dia memaparkan konsep Bandung Teknopolis kepada perwakilan negara-negara maju yang akan diajak bergabung di Bandung Teknopolis. Ini lanjutannya:

19. zona inovasi #BDGteknopolis utk usaha2 Start-up. semoga perusahaan sekelas facebook dkk bisa lahir disini.

20. Danau2 untuk anti banjir dgn riparian landscape utk filterisasi air kotor di #BDGteknopolis 

21. #BDGteknopolis sbg pusat kota mandiri berbasis inovasi, yg tadinya hny akan dijadikan perumahan real estate saja

22. Teknopolis di negeri Tiongkok yg dulu prnh sy bantu konsep dan desainkan. Guangzhou Science City. #BDGteknopolis 

23. Presentasi#BDGteknopolis kepada tim smartcity kementrian ekonomi dan industri Jepang di tokyo. Mereka mau bantu

24. Paparan kepada World Bank di Seoul, untuk membantu koneksi bisnis teknologi dunia ke #BDGteknopolis 

25. Paparan kepada British Chambers. Agar perusahaan2 teknologi inggris mau buka kantornya di #BDGteknopolis.

Para netizen terus memberikan tanggapan positif terkait konsep Bandung Teknopolis yang dipaparkan Emil tersebut. Hingga berita ini selesai dibuat, tanggapan netizen terhadap pemaparan Emil terus bermunculan. Bahkan, banyaknya tanggapan dari netizen membuat #BDGteknopolis sempat menjadi trending topics.

Seperti yang disampaikan pemilik akun @Ajeng Dzurrotun: baca kultwit nya pak @ridwankamil tntg#BDGteknopolis bener2 bikin bangga jd org bandung. semoga lancar dan sukses!

@Echabulet: Mantap! Baca kultwitnya kang @ridwankamil ttg#BDGteknopolis jd makin males pindah dr bandung :) Sukses untuk rencananya kang!

@KhoenNovian: Teraskeun Pak@ridwankamil proyek #BDGteknopolis na,nu keukeuh nyebat pencitraan mah jalmi sulit ati na

@FajriRamdhani22: Merinding baca kultwit nya pak walikota Bandung tentang #BDGteknopolis. Konsep nya jelas, logis dan encouraging.

Semoga rasa bangga dan tanggapan positif para netizen ini bisa menular kepada seluruh warga dan seluruh stakeholder di Kota Bandung agar mimpi besar ini bisa benar-benar terwujud.

Semoga pula keberadaan Bandung Teknopolis nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan warga Kota Bandung dan bukan sebaliknya, sesuai harapan dalam konsep #BDGteknopolis yang dipaparkan suami dari Atalia Kamil itu, semoga.

Share This

Leave a Reply