Kualitas Pemain Asing Persib Belum Terlihat

Oleh: Gatot Pudji Utomo

foto net
foto net


Jurnal Bandung – Para pemain Persib Bandung hanya melakukan perawatan kebugaran pada menu latihan hari kedua, di Ciamis. Atep Rizal dan kawan-kawan hanya melakukan latihan ringan meski terdapat beberapa pemain yang diberi porsi latihan lebih.

Adapun program latihan yang diberikan di antaranya terkait speed endurance atau daya tahan kecepatan yang bertujuan menjalankan strategi menyerang dan bertahan agar sama baiknya dengan mengandalkan kecepatan.

Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman mengaku, dirinya belum dapat menyimpulkan kemajuan dari semua punggawanya. Terlebih dalam menilai kualitas dua pemain asing yang masuk dalam tahap seleksi yakni Maycon Calijuri dan Nicolas Vigneri. Kedua pemain tersebut dibawa ke Ciamis untuk diuji kemampuannya.

Menurut Djadjang, kualitas pemain asing tersebut hanya teruji secara fisik pada dua kali latihan yang sudah dilakukan di Ciamis ini. Namun, Djajang memaklumi kondisi Maycon yang terkendala kebugaraan usai sakit. Selain itu, Vigneri pun masih dalam proses pemulihan karena baru tiba di Indonesia.

“Latihan kedua ini, saya baru dapat mengatakan kebugaraan mereka lebih baik dari sebelumnya, Vigneri kemarin baru tiba di Bandung jadi kondisinya masih belum prima,” ujar Djadjang usai memimpin latihan di Stadion Galuh Ciamis, Selasa (20/1).

Menurut Djajang, keduanya baru akan terlihat kemampuannya ketika Maung Bandung bertanding di dua laga uji coba. Namun, Djanur, sapaan akrabnya menegaskan, untuk keputusan dikontrak atau tidaknya baru akan ditentukan di Bandung setelah menyelesaikan program pemusatan latihan hingga 25 Januari mendatang.

“Kecenderuangan dari keduanya, saya kira belum juga. Nanti kita akan putuskan setelah melihat pada laga uji coba, kita akan lihat kualitas mereka,” tegasnya.

Sementara itu, kebutuhan akan pemain lokal di skuad Maung Bandung hingga kini belum juga terpenuhi. Setelah berhasil mendatangkan pemain lokal binaan Persib Bandung seperti Dedi Kusnandar, Yandi Sofyan Munawar, dan Dias Angga Putra, kini Maung Bandung harus kembali mencari pemain lokal untuk mengisi satu slot di posisi winger.

Djanur mengakui dirinya masih membutuhkan pemain lokal tambahan. Namun, sejauh ini dia belum mempunyai bidikan terkait bomber mana yang akan diajak bergabung. Pasalnya, beberapa pemain yang berusaha didatangkan lebih memilih bertahan di klub lamanya atau hengkang ke klub lain.

“Belum ada nominasi, karena semua nominasinya menyatakan mundur,” ujar Djajang.

Berbeda dengan Djanur, manajer Persib Umuh Muchtar mengutarakan niatnya untuk menampung pemain asal Persiwa Wamena dan Persik Kediri yang klubnya dicoret PT Liga Indonesia dari daftar peserta ISL 2015 karena tidak lolos verifikasi. Namun, Djajang mengaku, dirinya belum menemukan sosok yang tepat untuk mengisi kekosongan di klubnya. Terlebih, beberapa pemain yang menjadi bintang di kedua tim tersebut sudah lebih dulu direkrut tim lain.

“Mungkin pak haji (Umuh), hanya melihat bahwa kedua tim gagal main di ISL dan barangkali ada yang bisa dibawa. Tapi saya belum melihat ada pemain yang cocok dari kedua tim itu,” ucapnya.

Share This

Leave a Reply