KPID Provinsi Jawa Barat: Perhatikan Vaksinasi Untuk Insan Penyiaran

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Jawa Barat menyambut baik janji Presiden Joko Widodo yang akan menyiapkan 5000 vaksin Covid-19 bagi insan pers. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 di Istana Negara, Jakarta pada Selasa, 9 Februari 2021.

Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet berharap insan penyiaran di Jawa Barat termasuk di dalam rencana pemberian vaksinasi ini. Menurut Adiyana, keberadaan pers selama ini sangat vital dan harus terlindungi sebagai bagian dari pelayanan informasi masyarakat dalam sosialisasi maupun penanganan Covid-19, dalam hal ini di Jawa Barat.

Menurut Adiyana dalam rilis KPID Jawa Barat, Jumat (12/2/2021), di seluruh Jawa Barat saat ini tercatat ada 437 lembaga penyiaran baik radio maupun televisi. Jika satu lembaga penyiaran memiliki sumber daya manusia sebanyak rata-rata 20 orang, maka dikalikan 437 lembaga penyiaran sudah 8740 ribu orang yang sebagian besar berisiko tinggi terpapar Covid-19 karena memiliki lingkup kerja yang tidak memungkinkan untuk tidak kontak dengan sesama manusia.

Adiyana menegaskan, harapannya agar insan penyiaran juga diperhatikan karena memiliki peran sentral sebagai pelayan masyarakat. Peran ini diantaranya sebagai penggerak literasi kesehatan yang efektif untuk menekan penyebaran Covid-19 melalui literasi informasi dan pertahanan terhadap hoax yang akan mengganggu program pemerintah di masa pandemi. (*).

Leave a Reply