Kota Bandung Siaga Kebakaran

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Dinas Penanggulangan dan Pencegahan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung menyatakan Kota Bandung berstatus siaga satu kebakaran seiring dengan musim kemarau yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Seiring musim kemarau masih berlangsung, kita tahu musim kemarau sangat panas. Hal ini menyebabkan pemuaian molekul molekul pada material bangunan, baik indoor maupun outdoor. Tentunya kalo ini dibarengi oleh konsleting listrik, ini sangat memudahkan terjadinya kebakaran,” papar Kepala DPPK Kota Bandung Ferdi Ligaswara kepada Jurnal Bandung, Jumat (21/8).

Menurut dia, selama musim kemarau, pihaknya mencatat sedikitnya 42 kasus kebakaran terjadi di Kota Bandung, yang didominasi kebakaran rumah penduduk.

Bahkan, hari ini saja, dua kasus kebakaran besar terjadi di Kota Bandung, yakni kebakaran yang menimpa Lapangan Golf Arcamanik yang dipicu terbakarnya ilalang dan lima unit rumah di Komplek Batununggal yang diduga dipicu api yang dimainkan anak-anak.

Oleh karena itu, ‪pihaknya meminta warga Kota Bandung untuk selalu mewaspadai kebakaran. Warga pun diimbau untuk memeriksa kembali instalasi listrik dan mengubah perilaku  penggunaan listrik yang tidak aman.‬

‪‪Ferdi menegaskan, status siaga satu ini berlaku situasional. Namun, tetap akan berlaku selama musim kemarau.

“Sampe udara sudah tidak terik lagi, tapi kita juga situasional. Ketika musim hujan juga, bisa jadi kita siaga satu karena musim hujan juga biasanya diikuti angin besar, banjir, dan pohon tumbang. Jadi kita akan berlakukan lagi, tergantung situasi,” tandasnya.

Leave a Reply