Kota Bandung Segera Miliki BPBD

Oleh: Ridwan Farid

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Pemkot Bandung dalam waktu dekat akan membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pembentukan BPBD ditargetkan selesai tahun ini.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan, proses pembentukan BPBD kini tengah dalam proses pembahasan bersama DPRD Kota Bandung. Sebab, kata Emil sapaan akrabnya, pembentukan BPBD memerlukan persetujuan DPRD.


“Kan bikin BPBD ini harus berdasarkan persetujuan DPRD. Kalo gak ada persetujuan DPRD kan susah,” ujar Emil kepada Jurnal Bandung, di Balai Kota Bandung, Jalan Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Senin (23/3).

‪Pernyataan Emil itu sekaligus menjawab tudingan yang sempat dialamatkan kepada Pemkot Bandung yang dianggap takabur karena tidak memiliki badan khusus untuk menanggulangi bencana.

Menurut ‪Emil pembentukan BPBD merupakan langkah antisipasi untuk menanggulangi dampak bencana yang terjadi di Kota Bandung.

‪”Jadi tentunya tidak ada istilah kita takabur atau apa, gak mungkinlah. Yang namanya bencana harus kita antisipasi. Ini hanya masalah prosedur aja,” ucapnya.

Leave a Reply