Koramil 0107/Conggeang Sumedang Menggelar Sosialisasi dan Pemanfaatan Sampah

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com- Koramil 0107/Conggeang menggelar sosialisasi dan pemanfaatan sampah yang ada di wilayah kecamatan conggeang dan paseh yang diikuti anggota Forum pimpinan daerah Forpimda tingkat kecamatan.

Sosialisasi tersebut digelar di Aula Kecamatan Conggeang dihadiri Kepala Puskesmas, Kapolsek dan seluruh Kades sekecamatan Conggeang dan Paseh, Rabu (31/01/ 2018)

Danramil 0107/Conggeang Kapten Inf Ahmad Farikhin membenarkan  adanya penumpukan sampah tidak terelakan dan banyak ditemui tumpukan-tumpukan sampah hampir di seluruh wilayah.

“Sampah seolah dianggap tidak berbahaya dan tidak ada nilai gunanya,” ucapnya.

Pada prinsipnya, Ahmad, mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk memberikan pemahaman dilingkungan terutama di rumah tangga supaya  tidak membuang sampah sembarangan.

“Buang sampah sembarangan dapat berbahaya bagi lingkungan dan bagi kesehatan. Selain itu juga, kita harus bisa memanfaatkan sampah. Baik sampah organik maupun sampah non organik,” ungkapnya.

Ahmad mengungkapkan, sampah menjadi sesuatu yang bernilai guna dan bermanfaat bagi.

“Sebagai contoh sampah organik dapat kita olah menjadi Mikro Organik Lokal (MOL) dan Kompos, serta sampah non organik bisa kita manfaatkan untuk dijadikan kerajinan,” katanya

Sementara, perwakilan PKM Kecamatan Conggeang, Yanti Herlina Amk, pihaknya beberapa waktu kedepan akan MOU dengan Bumdes dan BANK dalam penanganan dan pemanfaatan sampah yang ada di wilayah.

“Supaya polemix sampah tidak berkepanjangan dan hasil daur ulang sampah tersebut dapat dirasakan manfaanya oleh seluruh warga,” kata Yanti.

Share This

Leave a Reply