Konstelasi Politik Memanas, Bawaslu Jabar Ingatkan Masyarakat Tak Sebar Berita Hoax

Oleh: Redaksi

Jurnalbandung.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar ingatkan masyarakat agar bijak menggunakan media sosial (medsos) seiring konstelasi politik menjelang Pilgub dan Pilkada Jabar 2018 yang terus memanas.

Masyarakat diminta tidak menyebarkan berita-berita bohong (hoax), berkaitan dengan SARA, dan yang merugikan masyarakat calon pemilih di ajang pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Walaupun ini sulit dikontrol, tapi kalau masyarakat sudah paham, harapannya masyarakat tidak menyebar ulang informasi-informasi yang merugikan,” ungkap Ketua Bawaslu Jabar Harminus Koto seusai acara Refleksi Pilkada 2017 dan Proyeksi Pilkada 2018 di kantor Bawaslu Jabar, Jalan Turangga, Kota Bandung, Selasa (18/7/2017) petang.

Ke depan, pasca penetapan pasangan calon dan kampanye, setiap akun medsos yang digunakan pasangan calon maupun tim pemenangannya wajib didaftarkan untuk memudahkan pengawasan.

“Apakah itu FB, Twitter, WhatsApp, dan lainnya harus didaftarkan. Kita juga akan telusuri setiap laporan terkait penggunaan medsos yang menyimpang ini,” tegasnya.

Harminus pun mengingatkan, penghinaan dan pencemaran nama baik yang dilakukan lewat medsos melanggar Undang-Undang Nomor 11/2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Jika terbukti, yang bersangkutan bisa dipidanakan,” tegasnya.

Leave a Reply