Konsistensi Dedi Mulyadi Terhadap Kebudayaan, Sebentar Lagi Bakal Ada Taman Giriharja di Purwakarta

Oleh : Yuga

Jurnalbandung.com – Jika di Bandung sedang ada pembangunan pojok Dilan yang diinisiasi oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di Purwakarta pun sama sedang ada pembangunan taman Giriharja

Adalah Dedi Mulyadi, mantan bupati dua priode Kabupaten Purwakarta yang juga menjabat sebagai ketua DKM Tajug Gede Cilodong. Sengaja mengundang beberapa tokoh seniman seperti Budi Dalton, Sule, Ohang, Dadan Sunandar Sunarya dan banyak lagi, Dedi Mulyadi menginisiasi membuat taman Giriharja di kawasan Tajug Gede Cilodong Kabupaten Purwakarta.

Nantinya menurut Dedi, Kawasan Tajug Gede Cilodong ini akan menjadi tempat wisata baru yang berbasis religi culture.

Pembangunan Taman Giriharja ini lanjut Dedi, bukan hanya sebatas taman, namun akan ada semacan pusat kebudayaan cara membuat wayang golek.

“Jadi nantinya akan ada museum wayang golek. Waisatawan yang datang akan diberikan pengetahuan tentang sejarah wayang golek dan falsafah. Selain itu juga akan diajarkan cara membuat wayang golek sendiri,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Tajug Gede Cilodong Kabupaten Purwakarta, Rabu (6/3).

Sementara itu putra dalang kondang Asep Sunandar Sunarya, Dadan Sunandar Sunarya mengaku terharu dan sangat senang.

Terlebih taman itu dibangun di Purwakarta dan bukan di Kabupaten Bandung dimana Giriharja lahir.

Hal ini tidak terlepas dari jasa Almarhum Asep Sunandar Sunarya di dunia wayang dan kesenian Sunda.

Abah Sunarya saat ini menamai tempat yang dipindahinya dengan Giri Harja (Gunung nu makmur).

Dia berterimakasih kepada mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi telah membuatkan taman bernama Giriharja di Cilodong, Kabupaten Purwakarta.

“Saya sangat terharu tidak bisa berkata-kata. Jasa abah (Alm Asep Sunandar) sangat besar di dunia pewayangan,” kata Dadan.

Share This

Leave a Reply