Komunitas Lari Bandung Gelar Road Run Marathon

foto net
foto net

Jurnal Bandung – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke 69, Komunitas Lari Bandung akan mengadakan kegiatan Road Run Marathon Bandung Jakarta sejauh 178 km dan 45 jam. Kegiatan ini sebagai bentuk terimakasih kepada pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono yang telah memimpin bangsa Indonesia selama 10 Tahun dengan selamat dan dapat dilanjutkan oleh generasi berikutnya.

Pimpinan Figthing Long Runner Surachman menjelaskan Road Run Marathon Bandung-Jakarta sejauh 178 km dan 45 jam mempunyai arti. Antara lain, waktu lari selama 45 jam diartikan bahwa Indonesia Merdeka tahun 1945. Sedangkan jarak tempuh 178 km diartikan bahwa Indonesia Merdeka pada tanggal 17 bulan 8.

Tujuan diadakan Independence Day Run untuk memberi kegiatan yang positif dengan cara berolahraga khususnya lari kepada generasi muda Indonesia. Hal tersebut sebagai sumbangsih generasi muda dalam bentuk Dharma Bakti dan semangatnya kepada negara dan bangsa daripada melakukan hal yang negatif.

Lanjutnya, event ini juga untuk menyalurkan bakat dan hobi olahraga lari serta mengajak masyarakat mencintai olahraga lari. Karena pada dasarnya, lari merupakan olahraga yang paling murah, simple, bermanfaat dan bermasyarakat tapi olahraga paling bergensi.

Perlu diketahui juga bahwa lari 178 km ini tergolong Lari Marathon Super Ultra. Karena tingkat resikonya sangat tinggi, berbeda dengan lari 10 km atau 17 km yang dapat ditempuh dalam satu etape. Berlainan juga dengan Half Marathon 21 km ataupun Full Marathon 42 km. Pesertanya berasal dari gabungan dari beberapa Komunitas Lari seluruh Indonesia dengan jumlah 17 orang yang terdiri dari 8 orang pemuda, 4 orang master dan 5 orang wanita.

Waktu pelaksanaan Road Run Marathon Bandung Jakarta dilaksanakan dariĀ  tanggal 29 Agustus 2014 jam 12.30 dengan start di depan Gedung Sate Bandung. Dan pada tanggal 31 Agustus 2014 sampai Monas di Jakarta pada jam 9.30 saat cut off pelari Independence Day Run.

Adapun jarak yang dapat ditempuh oleh para pelari melalui lima Etape untuk sampai tujuan. Etapi I lari siang 30 km melaui Bandung-Rajamandala via Cimahi-Padalarang, Etape II lari malam 50 km melaui Rajamandala-Cimacan via Cianjur, Etape III lari siang 45 km melaui Cimacan-Pintu Tol Bogor via Cisarua, Etape IV lari malam 45 km melaui Pintu Tol Bogor-Jakarta (Menara Jamsostek) via Cibinong- Cibubur-Cililitan dan akhirnya Etape V 8 km dari Menara Jamsostek- Monas (Finish). (JB-04)

Share This

Leave a Reply