Koleksi Taman Tematik di Kota Bandung Bertambah

Oleh: Redaksi

Foto net
Foto net

Jurnal Bandung – Kota Bandung akan memiliki taman tematik baru yang akan menambah koleksi taman tematik di kota berjuluk Parijs Van Java ini. Taman yang berlokasi di area Taman Maluku, Jalan Aceh, Kota Bandung ini diberi nama Taman Inklusi.

‪”Taman itu kami buat untuk memfasilitasi akses masyarakat berkebutuhan khusus, yang juga ingin berkunjung ke area publik,” ujar Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung Arief Prasetya kepada Jurnal Bandung, Selasa (8/12).

Taman seluas 400 meter persegi ini didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan kaum berkebutuhan khusus atau difabel. Jalur pejalan kaki pun dilengkapi guiding block bagi tuna netra.

Tidak hanya itu, taman ini pun dilengkapi arena bermain, seperti ayunan, komidi putar mini, seluncuran, dan lainnya yang didesain khusus sesuai kebutuhan kaum difabel.‬

“Untuk desain tamannya sendiri kami berkonsultasi dengan para komunitas difabel,” imbuhnya.

Bahkan, Taman Inklusi ini pun dilengkapi fasilitas terapi batu yang bisa digunakan masyarakat untuk merangsang saraf-saraf kaki. Mereka bisa berjalan di lintasan yang dipenuhi bebatuan.

Taman yang mulai dibangun September lalu itu, kini masih dalam tahap pengerjaan dan ditargetkan selesai 15 Desember mendatang. Arief menyebutkan, pembangunan taman ini menghabiskan biaya Rp400 juta yang berasal dari APBD 2015.

‪”Saat ini pembangunannya sudah 70%, tinggal finishing saja. Mudah-mudahan tanggal 15 Desember sudah selesai,” katanya.

Pihaknya berharap, kaum difabel bisa menikmati berbagai fasilitas yang tersedia di taman ini. Bahkan, ke depan, pihaknya juga berencana menggandeng komunitas difabel untuk menggelar beragam acara di taman tersebut.

Share This

Leave a Reply