Kolaborasi Pemerintah-Swasta, 17.000 Bibit Pohon Ditanam di Kawasan Bandung Utara

Oleh: Dadan Burhan AA

Jurnalbandung.com – Sekitar 17.000 bibit berbagai macam pohon ditanam para petani di Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.

Penanaman pohon tersebut dilakukan di lahan milik warga dan pemerintah seluas sekitar 16 hektare yang melintasi Desa Giri Mekar dan Desa Jati Mulya, tepatnya di Kampung Legok Nyenang, Desa Giri Mekar yang masuk Kawasan Bandung Utara (KBU).

Penanaman pohon secara simbolis dilakukan Ketua Forum Kabupaten Bandung Sehat Nia Kurnia Agustina, Direktur Utama PT Indocement Kuky Permana, Asisten Ekonomi Kesejahteraan Marlan, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Tisna Umaran, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kusmawan, dan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Dedi Hendrawa.

Dalam kesempatan itu, Ketua Forum Kabupaten Bandung Sehat Nia Kurnia Agustina mengatakan, penanaman pohon tersebut merupakan hasil kerja sama anatara pemerintah, warga, serta sumbangan corporate social responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

“Ini menjadi satu sinergi yang baik antara pemerintah dan swasta. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakan Kabupaten Bandung menjadi kabupaten yang sehat bisa terwujud,” ungkap Nia di sela-sela penanaman pohon, Kamis (9/2).

Nia mengatakan, penanaman pohon tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Selain itu, Nia berharap kegiatan tersebut dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lainnya untuk menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap alam.

“Jangan merusak ekosistem yang sudah terpelihara, yang sudah ada,” ucap Nia.

Jenis-jenis pohon yang ditanam antara lain eucalyptus, garmelina, mahoni, jabon, dan manglid. Pohon-pohon yang disumbangkan merupakan jenis tanaman keras yang dapat mereduksi pencemaran udara, membersihkan tanah, serta air yang terkontaminasi dengan cara bioremediasi.

Dari ke-17.000 bibit pohon yang ditanam, 10.000 di antaranya disumbangkan Indocement. Sisanya merupakan sumbangan dari Pemkab Bandung.

Direktur Utama PT Indocement Kuky Permana menuturkan, penanaman pohon tersebut merupakan salah satu bentuk rasa peduli dan upaya perusahannya dalam berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan, khususnya di Kabupaten Bandung.

“Kami sebagai salah satu industri yang ada di Jawa Barat, terpanggil untuk melakukan sesuatu. Inilah hal yang setidaknya kami kontribusikan yaitu penanaman pohon untuk menghijaukan wilayah Bandung Utara,” bebernya.

Sementara, Ketua Gabungan Kelompok Tani Giri Senang Kayu Hutan Asep Rukman mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap, bibit pohon yang ditanam saat ini bisa bermanfaat bagi warga sekitar di masa depan.

“Mudah-mudahan hasilnya bisa dipetik warga sekitar. Mungkin hasilnya tidak akan langsung terasa karena kan tumbuhnya lama. Tapi bisa untuk anak dan cucu kita nantinya,” pungkasnya.

Leave a Reply