Kolaborasi Empat Lembaga, Aksi Bersih-bersih Kota Bandung

Oleh : MF Shiddieq

bandung-clean-action

Jurnal Bandung – Bersama tiga lembaga lainnya, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggagas Bandung Clean Action (BCA) di Kota Bandung. Ragam kegiatan yang dilakukan misalnya, GPS singkatan dari Gerakan Pungut Sampah, aksi kegiatan pembuatan lubang resapan biopori, dan penghijauan.


Untuk sukseskan BCA, selain berkolaborasi dengan Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung, juga terlibat komunitas Zero Waste Bandung, dan Komunitas Gemericik. Hal itu dikemukakan relawan ACT Asep Iqbal Rahmana, kepada Jurnal Bandung, Kamis (10/9/2014) sore.

Lebih jauh, Iqbal menjelaskan program ini bertujuan membentuk kawasan percontohan lingkungan yang masyarakatnya mampu mengelola sampah dengan baik. Konsorsium dari empat lembaga tersebut telah memilih enam kelurahan sebagai proyek percontohan. Keenam kelurahan itu adalah Derwati, Manjah Lega, Suka Asih, Sekeloa, Dago, dan Antapani Tengah.

“Untuk persiapan, relawan lokal yang terlibat, dinamai Kader Lingkungan, telah dibekali pelatihan oleh pihak konsorsium,” ujar Iqbal.“ Dengan terbentuknya wilayah-wilayah percontohan, diharapkan masyarakat lain bisa belajar, bagaimana mengelola sampah dengan baik, juga teknik penghijauan di tengah perkotaan, dan kegiatan-kegiatan lainnya,” pungkas Iqbal.

Share This

Leave a Reply