Kodam III/Siliwangi Siap Amankan Pilkada Serentak

pilkkada
Foto net

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Jurnal Bandung – Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, Kodam III/Siliwangi menegaskan siap menyukseskan dan mengamankan jalannya ‎pesta demokrasi di delapan kabupaten/kota tersebut.

Kepala Staf Daerah Militer III/Siliwangi Brigjen Wuriyanto mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh pelaksanaan pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Pihaknya juga sudah melakukan sejumlah langkah untuk membantu menyukseskan pilkada serentak.

“Kita sudah memprediksi, memprogramkan, dan melaksanakan langkah-langkah untuk mewujudkan pilkada serentak agar baik dan lancar,” kata Wuriyanto saat menghadiri rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Jabar, di Kota Bandung, Rabu (18/11).‎

“Ini menjadi harapan dan dambaan masyarakat. Selama ini ada kecenderungan pilkada sesuatu yang menakutkan. Harus dihindari karena pilkada adalah pesta demokrasi,” sambungnya.

Dia pun memuji pelaksanaan pilkada di Jabar yang selalu berjalan dengan baik. Kondusifitas keamanan dan ketertiban di Jabar, menurutnya, selalu terjaga dalam setiap ajang demokrasi baik pemilu kepala daerah, legislatif, hingga presiden/wakil presiden.

Kendati begitu, Wuriyanto mengakui pelaksanaan pilkada kali ini masih menimbulkan banyak persoalan di berbagai lini. Selain menyita waktu yang panjang, pelaksanaan pilkada yang menghabiskan banyak biaya ini sering kali tidak sesuai dengan yang diharapkan.

“Dalam pelaksanaannya, semua unsur yang terlibat hampir semuanya bermasalah. UU tidak tepat, KPU, KPUD begini-begitu, Bawaslu, partai pendukung, calon, bahkan masyarakatnya sendiri, semua bermasalah. Bahkan semua pihak yang mencari keadilan di MK juga bermasalah,” bebernya.

Oleh karena itu, Wuriyanto mengajak semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan pilkada serentak yang baik dan lancar.

“Pilkada serentak merupakan upaya-upaya perbaikan peningkatan kualitas hasil pilkada langsung beberapa tahun ini. Ini pilihan tebaik dan kesepakatan,” pungkasnya.

Share This

Leave a Reply