Kim Jong Un Belum Dipastikan Datang ke Bandung

Oleh: Yuga Khalifatusalam

Foto net
Foto net


Jurnal Bandung – April mendatang, Indonesia akan menggelar acara peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA). Dalam acara tersebut, rencananya 109 pemimpin negera akan hadir, tidak terkecuali dengan pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong un. Namun, meskipun diundang, pemimpin kontroversial ini belum bisa dipastikan akan datang ke Indonesia.

Menurut Sekjen Kementerian Luar Negeri Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo, pihaknya belum bisa memastikan apakah pemimpin Korea Utara ini akan datang atau tidak.

“Ya statusnya sama dengan teman-teman, tahu di media. Kita lihat dulu. Yang pasti kalau dia peserta ya kita undang. Kalau hadir atau tidak kita lihat,” katanya kepada Jurnal Bandung di Gedung Sate Bandung, Selasa (27/1).

Namun begitu, dia mengatakan, undangan acara peringatan KAA yang ke-60 ini akan terus disebar. Bahkan, kata dia, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kini tengah melakukan pertemuan dengan sejumlah perwakilan negara-negara Afrika di Malaysia.

“Ibu Menlu sedang ada di luar. Di Malaysia menghadiri Konferensi African Union. Pada kesempatan itu, akan diberikan undangan pada negara-negara Afrika yang menjadi peserta acara peringatan KAA agar ikut berpartisipasi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengungkapkan, pihaknya juga akan mengundang sejumlah organiasi internasional.

“Dalam peringatan KAA ini, 109 kepala negara dan 25 wakil organisasi internasional akan diundang. Diharapkan juga, Sekjen PBB hadir,” sebutnya.

Tak lupa dia pun menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Jawa Barat karena kesiapannya menyediakan Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung sebagai tempat perhelatan acara.

“Terima kasih, tadi Wagub Jabar (Deddy Mizwar) sudah menyampaikan kesiapan Jabar untuk mendukung peringatan KAA ini,” jelasnya.

Peringatan KAA ke-60 akan terbagi ke dalam dua event besar internasional. Pertama, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Negara Asia Afrika yang akan digelar di Jakarta, 19-23 April 2015. Kedua, seremoni peringatan KAA yang digelar di Bandung, 24 April 2015 mendatang.

Share This

Leave a Reply